Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Organ Gerak Hewan Kelas V di SDI Bandar Kidul Kota Kediri

Khasanah, Uswatun (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Organ Gerak Hewan Kelas V di SDI Bandar Kidul Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932612219_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932612219_BAB 1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
932612219_BAB 2.pdf

Download (553kB)
[img] Text
932612219_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
932612219_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932612219_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
932612219_BAB 6.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932612219_Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
932612219_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
932612219_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (6).pdf

Download (53kB)

Abstract

Seorang guru membutuhkan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pengajaran. Pada penelitian ini, guru belum menggunakan media pembelajaran khususnya pada materi IPA yang mengakibatkan kurangnya daya tarik atau minat belajar siswa. Adanya pengembangan media pembelajaran yang sedang dibuat dengan kreatif untuk menarik minat belajar siswa, sehingga peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran Pop-up book di SDI Bandar Kidul Kota Kediri. Pengembangan media pembelajaran ini memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui minat belajar siswa sebelum mengikuti pembelajaran menggunakan media Pop-Up Book pada mata pelajaran Tematik kelas V di SDI Bandar Kidul Kediri; (2) Mengetahui pengembangan media Pop-Up Book pada mata pelajaran Tematik kelas V di SDI Bandar Kidul Kediri; dan (3) Mengetahui minat belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media Pop-Up Book pada mata pelajaran Tematik kelas V di SDI Bandar Kidul Kediri. Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan langkah 4-D (define, design, develop dan disseminate). Pengumpulan data menggunakan obsrevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Uji kelayakan media dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) minat siswa sebelum menggunakan media Pop-Up Book masih sangat rendah, hal ini disebabkan oleh guru yang tidak menggunakan media dalam pembelajaran; (2) pengembangan media Pop-Up Book ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu; a) tahap define, pada tahap ini dicari permasalahan yang terdapat dalam proses belajar mengajar; b) tahap design, tahap ini dilakukan penetapan rancangan produk yang dibuat; c) tahap develop, tahap ini dilakukan penyusunan media yang telah di rancang dan pada tahap ini juga dilakukan proses validasi dan uji coba produk media yang dikembangkan. Hasil dari uji validitas yaitu validitas media kepada validator 1 mendapat (86,6%), validator 2 (98,3%) serta ahli materi 1 (94,6% ), ahli materi 2 (85,7%), dan ahli pembelajaran (92,5%); dan d) tahap disseminate,tahap ini dilakukan penyebbaran media yang telah di kembangkan dengan dibatasi hanya kepada guru kelas V SDI Bandar Kidul Kota Kediri; dan (3) minat belajar siswa setelah menggunakan media Pop-Up Book diketahui dari hasil analisis angket yang diberikan kepada siswa sebelum menggunakan media Pop-Up Book memperoleh sebesar 44,69% (kriteria cukup baik) dan sesudah menggunakan media memperoleh 84,21% (kriteria sangat baik). Hasil kedua analisis angket tersebut kemudian di hitung dengan n-gain yang memperoleh kenaikan presentase sebesar 33% dengan kriteria tinggi. Hal ini memperoleh hasi bahwa minat belajar siswa setelah menggunakan media Pop-Up Book ini meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: USWATUN KHASANAH
Date Deposited: 13 May 2024 07:04
Last Modified: 13 May 2024 07:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item