Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Tenun Ikat Risquna Joyo Clun Bandar Kidul Kota Kediri

Suhartini, Suhartini (2023) Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Tenun Ikat Risquna Joyo Clun Bandar Kidul Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931328718.prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931328718.bab1.pdf

Download (471kB)
[img] Text
931328718.bab2.pdf

Download (341kB)
[img] Text
931328718.bab3.pdf

Download (343kB)
[img] Text
931328718.bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
931328718.bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
931328718.bab6.pdf

Download (309kB)
[img] Text
931328718.daftar pustaka.pdf

Download (419kB)
[img] Text
931328718.lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
931328718_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1) (1).pdf

Download (112kB)

Abstract

Strategi pemasaran ialah pondasi utama dari keberhasilannya sebuah perusahaan, dapat diketahui dari hasil penelitian ini segala macam jenis pemasaran yang dilakukan dengan ketekunan pasti akan memberikan hasil yang baik pula. Meskipun UMKM Tenun Ikat Risquna Joyo Club sempat mengalami penurunan penjualan karena pandemic Covid 19, namun dapat kembali meningkatkan penjualannya setelah melakukan pemasaran secara online. Dalam melakuan pemasaran produk UMKM Tenun Ikat Risquna Joyo Club selalu melakukan secara maksimal sehingga UMKM Tenun Ikat Risquna Joyo Club dapat melewati masa-masa penurunan penjualan dan dapat kembali meningkatkan penjualnnya. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini ialah untuk mempelajari lebih dalam mengenai peran strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan dan segala faktor-faktor yang dapat meningkatkan penjualan perusahaan. Peneliti juga berfokus pada hubungan yang dikembangkan oleh UMKM Tenun Ikat Risquna Joyo Club dalam menjaga loyalitas dan hubungan baik dengan para konsumennya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research, dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dalam memperoleh sebuah data, peneliti melakukan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi yang kemudian di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Pemilik, Karyawan, Konsumen UMKM Tenun Ikat Risquna Joyo Club. Dan pada tahap pemeriksaa keabsahaan data penelitian ini menggunakan Teknik ketekukan pengamatan, perpanjangan pengamatan, dan triagulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran sangat memiliki peran dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Tenun Ikat Risquna Joyo Club. Dengan menggunakan studi observasi dapat dilihat dari penambahan jumlah karyawan, penambahan hasil produksi kain, serta penambahan total penjualan pertahun sejak Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2022. Penjualan dapat mengalami peningkatan karena adanya pembaharuan strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Tenun Ikat Risquna Joyo Club yang tadinya hanya pemasaran offline saja kini sudah menggunakan metode online juga. Peningkatan penjualan ini sangat signifikas pada tahun 2020 ke 2021 dimana tingkat penjualan meningkat 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Suhartini Suhartini
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:31
Last Modified: 18 Dec 2023 06:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item View Item