ETIKA PERSONAL GURU MENURUT K.H HASYIM ASY‟ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM DAN RELEVANSINYA DENGAN KODE ETIK GURU DI INDONESIA

Khumairoh, Dewi Sinta (2023) ETIKA PERSONAL GURU MENURUT K.H HASYIM ASY‟ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM DAN RELEVANSINYA DENGAN KODE ETIK GURU DI INDONESIA. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
932139519_bab1.pdf

Download (623kB)
[img] Text
932139519_bab2.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932139519_bab3.pdf

Download (695kB)
[img] Text
932139519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
932139519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
932139519_bab6.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932139519_daftarpustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text
932139519_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
932139519_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK DEWI SINTA KUMAIROH, 2023. Dosen pembimbing Dr. Muniron M. Ag dan Muhammad Nabhani, M. H, Etika Personal Guru Menurut K.H Hasyim Asy‟ari Dalam Kitab Adabul „Alim Wal Muta‟alim Dan Relevansinya Dengan Kode Etik Guru Di Indonesia, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Etika, Etika Personal Guru, Kode Etik Guru Dalam dunia pendidikan, selain proses belajar mengajar mengenai materi dan pengetahuan oleh pendidik dan peserta didik, ada etika yang harus dimiliki oleh pendidik juga peserta didiknya. Etika merupakan nilai, norma, sikap yang dimiliki seseorang untuk mencerminkan seseorang tersebut. Penelitian ini sendiri dilatar belakangi oleh banyaknya beredar kasus terkait tindakan seorang guru yang akan tetapi tidak mecerminkan sikap seorang guru. Dalam hal ini kemudian peneliti mengemukakan pemikiran dari K.H Hasyim Asy‟ari dalam kitab Adabul „Alim Wal Muta‟alim, tujuannya tidak lain agar seorang pendidik dapat membatasi setiap tindakan pendidik, baik perbuatan atau perkataan. Adapun kode etik guru di Indonesia merupakan peraturan tertulis yang berlandaskan pada pancasila dan UUD 1945 dan ditujukan pada profesi guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun perolehan atau pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, yakni proses pengumpulan, pengelolaan, pemilihan, dan juga penyimpanan informasi dalam bidang pengetahuan yang berisi terkait suatu keterangan, seperti kutipan, gambar, jurnal, artikel, dsb. Di sini peneliti mengungkap fokus terkait etika personal guru menurut K.H Hasyim Asy‟ari dalam kitab Adabul „Alim Wal Muta‟alim yang kemudian dikaitkan dengan kode etik guru di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bagi pendidik sangat penting, selain sebagai suri tauladan, etika juga sebagai pembentuk karakter bagi pendidik itu sendiri. Sebagaimana pemikiran K.H Hasyim Asy‟ari bahwa ada beberapa etika yang harus dimiliki oleh pendidik terhadap dirinya sendiri, selain itu Indonesia juga menerapkan kode etik pada profesi guru. Dua hal ini sama-sama mengarahkan agar seorang pendidik dapat membatasi setiap tindakannya, dengan mematuhi aturan-aturan yang ada, baik aturan dalam agama, pemerintah, profesi, dan juga masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DEWI SINTA KHUMAIROH
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:45
Last Modified: 15 Mar 2024 01:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11239

Actions (login required)

View Item View Item