Penerapan Personal Selling Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif Pemasaran Syariah (Studi Pada Home Industry Keripik Putra Tanjung Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk)

Fatika, Mediana Weny (2023) Penerapan Personal Selling Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif Pemasaran Syariah (Studi Pada Home Industry Keripik Putra Tanjung Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931318018_bab1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
931318018_bab2.pdf

Download (325kB)
[img] Text
931318018_bab3.pdf

Download (118kB)
[img] Text
931318018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
931318018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931318018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
931318018_bab6.pdf

Download (104kB)
[img] Text
931318018_daftarpustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
931318018_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mediana Weny Fatika, 2023. Penerapan Personal Selling Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif Pemasaran Syariah Pada Home Industry Keripik Putra Tanjung Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing (1) Ririn Tri Puspita Ningrum, MSI. (2) Sayekti Indah Kusumawardhany, M.Akun. Kata kunci : Personal Selling, Volume Penjualan, Pemasaran Syariah Personal selling merupakan salah satu kegiatan promosi dimana pada penerapannya mencakup kegiatan pencarian prospek, pendekatan pendahuluan, presentasi/demonstrasi, penanganan, penutupan, serta tindak lanjut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan personal selling pada home industry keripik Putra Tanjung, untuk mengetahui bagaimana peran personal selling dalam meningkatan volume penjualan produk, serta untuk mengetahui penerapannya jika ditinjau dari perspektif pemasaran syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diambil melalui wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan pemilik home industry Putra Tanjung, karyawan bagian penjualan, serta pelanggan tetap. Sedangkan untuk sumber data sekunder diperoleh melalui catatan-catatan, laporan keuangan, dokumentasi, serta informasi yang berkaitan dengan home industry Putra Tanjung yang berada di internet. Untuk menganalisa hasil temuan, peneliti menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada home industry Putra Tanjung menerapkan 6 (enam) proses promosi penjualan personal selling, diantaranya yaitu prospecting and qualifying (mencari dan memilih prospek), preapproach (pendekatan pendahuluan), presentation and demonstration (presentasi dan demonstrasi), overcoming objection (menangani keberatan), closing (menutup transaksi penjualan), follow up (menindaklanjuti). Volume penjualan dalam 3 (tiga) tahun terakhir mengalami peningkatan, akan tetapi penjualan produk mengalami penurunan terutama pada tahun 2020 dimana pada saat itu terjadi pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19, sedangkan kenaikan penjualan terjadi di tahun 2021 yang diperoleh dengan mengikuti kegiatan bazar atau pameran di berbagai daerah. Berdasarkan perspektif pemasaran syariah dalam tahap melakukan promosi secara personal sellilng, tenaga penjualan/sales telah menerapkan prinsip-prinsip dasar yang dimiliki oleh seorang marketer atau pemasar Islam, diantaranya yaitu sifat saling rela (ar-ridha), persaingan yang sehat antara pelaku bisnis (fair competition), serta kejujuran (honesty).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: mediana weny
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:37
Last Modified: 11 Dec 2023 02:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11164

Actions (login required)

View Item View Item