Peran Inovasi Produk dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus UD. Barokah Handicraft Desa Berbek Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk)

Sholichah, Binti Riadus (2019) Peran Inovasi Produk dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus UD. Barokah Handicraft Desa Berbek Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRANN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Era globalisasi saat ini laju perkembangan dunia pendidikan berpengaruh terhadap aspek-aspek kehidupan masyarakat. Dengan meningkatnya jumlah lembaga pendidikan anak usia dini, berdampak pada meningkatnya jumlah permintaan alat permainan edukatif. UD. Barokah Handicraft sebagai produsen APE dituntut untuk menciptakan produk yang bisa menarik minat anak-anak yang dilain sisi juga memenuhi kurikulum yang diberlakukan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan konsumen yang loyal jika kebutuhan mereka terpenuhi. Sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian di UD. Barokah Handicraft dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana inovasi produk pada UD. Barokah Handicraft?. 2) Bagiamana peran inovasi produk dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada UD. Barokah Handicraft? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Inovasi produk yang dilakukan oleh UD. Barokah Handicraftadalah pengembangan melalui model, warna dan ukuran. Penciptaan produk baru dilakukan dengan berpedoman pada standar Alat Permainan Edukatif yang aman bagi anak-anak sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini pasal 32 ayat 1h. Inovasi tersebut dilakukan melalui 4 tahapan yaitu gagasan produk, pelaksanaan gagasan produk, analisis biaya dan pengujian. 2) Dengan adanya inovasi produk yang dilakukan secara berkala oleh UD. Barokah Handicraft dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Berdasarkan jumlah konsumen dari tahun 2015-2018 mengalami peningkatan dan berdasarkan jumlah transaksi tahun 2015-2018 ada pembelian yang dilakukan oleh konsumen UD. Barokah Handicraft lebih dari satu kali, hal tersebut menunjukkan bahwa konsumen puas terhadap produk yang dijual oleh UD. Barokah Handicraft. Dengan demikian dapat dikatakan melalui inovasi produk akan meningkatkan kepuasan konsumen yang sekaligus berdampak pula pada loyalitas konsumen UD. Barokah Handicraft.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:37
Last Modified: 07 Dec 2023 02:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11123

Actions (login required)

View Item View Item