Fanani, Ahmad Zainal (2017) Implementasi Tahfidz AlQur’an Pada Kelas Unggulan Peminatan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
i. Cover Skripsi_v. Halaman Pra-BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
vi. BAB I.pdf Download (134kB) |
|
Text
vii. BAB II.pdf Download (198kB) |
|
Text
x. BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Text
ix. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text
x. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text
xi. BAB VI.pdf Download (82kB) |
|
Text
xii. Daftar Pustaka.pdf Download (83kB) |
|
Text
xiii. Profil Penulis_xv. Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Sebagai seorang muslim, Al-Qur’an adalah Kalamullah yang menjadi pedoman hidup dalam menjalani kehidupan. Al-Qur’an wajib diyakini kebenarannya dengan mempelajari isi yang ada didalamnya. Salah satu upaya mempelajari Al-Qur’an adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di sekolahan. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui latar belakang pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018, (2) Mengetahui target hafalan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018, (3) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Tahfidz AlQur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018, (4) Mengetahui evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk. Pegumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah WAKA Kurikulum, koordinator guru Tahfidz, guru Tahfidz dan siswa kelas unggulan peminatan keagamaan. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di MAN 2 Nganjuk di pengaruhi oleh melemahnya hafalan Al-Quran para Da’i dan memfasilitasi siswa yang ingin menghafalkan Al-Qur’an dalam lingkup sekolah formal. (2) Target hafalan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk yakni siswa wajib menghafal 15 juz. tidak sampai 30 juz. (3) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di MAN 2 Nganjuk di laksanakan pada jam pelajaran Muatan Lokal Tahfidzul Qur’an seminggu 2 kali waktunya 1x45 menit tatap muka, dan menggunakan metode Sorogan (4) Evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di MAN 2 Nganjuk dilakukan ketika UTS dan UAS, dan juga di akhir kelas XII, serta evaluasi dilakukan dengan cara mengadakan Majlis Sima’an AlQur’an setiap satu bulan sekali pada hari Ahad Pon yang bertempat di rumah para siswa dan rumah para guru, dengan tujuan untuk menguji hafalan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 31 Dec 2018 02:49 |
Last Modified: | 31 Dec 2018 02:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/111 |
Actions (login required)
View Item |