Pengaruh Metode Mnemonik terhadap Recall Memory Pada Hafiz di Lembaga Maslahatul Ummah Kediri

Syafaranti, Ghanesya Aliefilia (2019) Pengaruh Metode Mnemonik terhadap Recall Memory Pada Hafiz di Lembaga Maslahatul Ummah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933413815-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933413815-BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
933413815-BAB II.pdf

Download (642kB)
[img] Text
933413815-BAB III.pdf

Download (539kB)
[img] Text
933413815-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
933413815-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
933413815-BAB VI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
933413815-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
933413815-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

Menghafal al-Qur’an merupakan ibadah yang diperintahkan dalam agama Islam. Keutamaan menghafal al-Qur’an begitu banyak sehingga lembaga untuk menghafal al-Qur’an juga semakin banyak. Dalam menghafal al-Qur’an,memori tentu penting dalam proses hafalan. Proses tahapan memori dibagi menjadi tiga, yaitu: pengodean (encoding), penyimpanan (storage), dan penarikan (retrieval). Penarikan sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu: recall (mengingat kembali), recognition (mengenali kembali),dan relearning (mempelajari kembali). Aspek yang digununakan ketika menghafal al-Qur’an adalah recall memory. Proses recall memory setiap individu berbeda dikarenakan perbedaan yang terjadi pada proses storage. Untuk memaksimalkan proses storage salah satu caranya adalah menggunakan metode mnemonik. Metode mnemonik telah diaplikasikan dalam penulisan mushaf al-Qur’an sehingga mempermudah proses hafalan hafiz. Peneliti kemudian tertarik untuk mengkaji bagaimana pengaruh metode mnemonik jika diterapkan pada proses hafalan al-Qur’an khususnya proses recall memory, mengingat penelitian terdahulu hanya membahas kegunaan metode ini untuk pembelajaran secara lebih umum. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen untuk mencapai tujuan penelitian. Desain penelitian yang digunakan yaitu only post test control group design. Populasi penelitian ini adalah hafiz yang sedang belajar menghafal al-Qur’an di Lembaga Maslahatul Ummah Kediri berjumlah 30 orang, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 16 orang. Sampel tersebut kemudian dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing kelompok berisi 8 orang. Kelompok eksperimen adalah mereka yang diberi perlakuan berupa hafalan al-Qur’an mengggunakan al-Qur’an mnemonik, sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan.Analisis data menggunakan analisis NonParametric Mann-Whitney denganbantuanSPSS (Statistical Product and Service Solution) IBM Statistik 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbeadaan rata-rata pada kelompook eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 5,38 dan 5,50. Namun hasil perhitungan SPSS menunjukkan tidak terdapat perbedaaan yang signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditandai dengan nilai signifikansi 1,00 yang lebih besar dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode mnemonik tidak berpengaruh terhadap kemampuan recall memory hafiz di Lembaga Maslahatul Ummah Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1702 Cognitive Sciences > 170201 Computer Perception, Memory and Attention
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 17 Mar 2020 02:56
Last Modified: 17 Mar 2020 02:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item