Dyyana, Ulfa Rafika (2023) Peran Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Sekolah (Studi Kasus di SD Plus Rahmat Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932411119_prabab.pdf Download (778kB) |
|
Text
932411119_bab1.pdf Download (729kB) |
|
Text
932411119_bab2.pdf Download (604kB) |
|
Text
932411119_bab3.pdf Download (503kB) |
|
Text
932411119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932411119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
Text
932411119_bab6.pdf Download (201kB) |
|
Text
932411119_dafus.pdf Download (428kB) |
|
Text
932411119_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf Download (61kB) |
Abstract
Ulfa Rafika Dyyana : 932411119 Peran Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Sekolah (Studi Kasus SD Plus Rahmat Kediri). Dosen Pembimbing I Bapak Dr. Erwin Indrioko, M.Pd.I dan Dosen Pembimbing II Bapak Nurul Huda Purnomo, M.Pd. Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023 Kata Kunci : Manajemen, Humas, Citra sekolah Sebuah lembaga sekolah dalam membangun citranya tidak terlepas dari peran masyarakatatat. Oleh sebab itu dibutuhkan pengelolaan terkait hubungan antara sekolah dan masyarakatatat luas melalui manajemen humas. Manajemen humas merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh lembaga sekolah dalam membangun sebuah komunikasi yang efektif dengan masyarakatatat sehingga menghasilkan jalinan komunikasi yang intensif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh lembaga. Manajemen humas memiliki fungsi pengelolaan serta mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara lembaga sekolah dengan masyarakatatat. Maka dari itu, layanan kehumasan dalam pendidikan sangatlah diperlukan untuk menyampaikan dan menjembatani informasi terkait lembaga dan juga masyarakatatat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dari manajemen humas yang telah dilakukan oleh humas SD Plus Rahmat Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tim koordinator humas, wali murid dan masyarakatatat. Analisis data diperoleh melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1).Perencanaan program humas dilakukan di awal tahun ajaran baru dengan langkah awal melakukan pembentukan tim humas, membuat program kerja humas, menentukan jadwal pelaksanaan kegiatan serta menentukan anggaran pembiayaan kegiatan. 2) Pelaksanaan dilakukan sesuai dengan perencanaan, yaitu mewujudkan peran humas sebagai sistem informasi sekolah serta humas sebagai mediator sekolah dan masyarakatatat 3). Bentuk pelaksanaan evaluasi yaitu menggunakan bentuk evaluasi humas kualitatif, yaitu dengan melakukan evaluasi langsung, melalui tahap evaluasi tahap persiapan, evaluasi tahap pelaksanaan dan evaluasi dampak atau hasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ulfa Rafika Dyyana |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 07:31 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 07:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11022 |
Actions (login required)
View Item |