Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Etnomatematika Gereja Pohsarang Kediri Pada Siswa Kelas VIII MTs Hidayatul Muta’allimin Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Aminudin, Ahmad Muflih (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Etnomatematika Gereja Pohsarang Kediri Pada Siswa Kelas VIII MTs Hidayatul Muta’allimin Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932306919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932306919_bab1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
932306919_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932306919_bab3.pdf

Download (773kB)
[img] Text
932306919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932306919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
932306919_daftarpustaka.pdf

Download (372kB)
[img] Text
932306919_sp.pdf

Download (284kB)

Abstract

AHMAD MUFLIH AMINUDIN. Dosen pembimbing Agus Miftakus Surur, S.Si., M.Pd. dan Nur Fadilatul Ilmiyah, M.Si. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Etnomatematika Gereja Pohsarang Kediri Pada Siswa Kelas VIII MTs Hidayatul Muta’allimin Materi Bangun Ruang Sisi Datar, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : LKPD, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Etnomatematika Gereja Pohsarang, Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis etnomatematika dengan mengadaptasi model pembelajaran koopertatif. Etnomatematika menjadi pertimbangan peneliti dalam mengembangkan LKPD karena peserta didik di MTs Hidayatul Muta’allimin memiliki ketertarikan terhadap cerita sejarah dan budaya. Model pembelajaran kooperatif dipilih untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif. Metode dalam penelitian ini yaitu Reaserch and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTs Hidayatul Muta’allimin yang berjumlah 4 peserta didik untuk uji coba skala kecil dan 20 peserta didik untuk uji coba skala besar. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar validasi soal untuk mengukur aspek kevalidan. Untuk mengukur aspek kepraktisan digunakan lembar ahli praktisi dan angket respon peserta didk. Untuk mengukur aspek keefektifan digunakan instrumen tes. Adapun hasil yang diperoleh yaitu media sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli materi (51,5) dan ahli media (50), sangat praktis berdasarkan penilaian dari ahli praktisi (58) dan angket respon (37,25), dan sangat efektif berdasarkan hasil tes peserta didik dengan 90% peserta didik berada diatas KKM. Dari sini dapat disumpulkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika dengan model pembelajaran kooperatif diniliai layak untuk diimplementasikan di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Ahmad Muflih Aminudin
Date Deposited: 01 Dec 2023 06:15
Last Modified: 01 Dec 2023 06:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item