Pengembangan Media Jam Putar Pancasila Untuk Meningkatkan Belajar Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas IV MI Miftahul Falah Manisrenggo Kota Kediri

Munifah, Daimatul (2023) Pengembangan Media Jam Putar Pancasila Untuk Meningkatkan Belajar Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas IV MI Miftahul Falah Manisrenggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932611419_prabab.pdf

Download (853kB)
[img] Text
932611419_bab1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932611419_bab2.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932611419_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
932611419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
932611419_bab5.pdf

Download (77kB)
[img] Text
932611419_daftarpustaka.pdf

Download (78kB)
[img] Text
932611419_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK DAIMATUL MUNIFAH, Dosen Pembimbing Ibu Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. dan Ibu Sheila Fahria, M.H., Pengembangan Media Jam Putar Pancasila Untuk Meningkatkan Belajar Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas IV Mi Miftahul Falah Manisrenggo Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa jam putar pancasila yang layak digunakan di kelas dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik MI Miftahul Faalah Manisrenggo Kota Kediri. Media ini dapat menarik perhatian peserta didik karena peserta didik dapat bermain dan memutar sendri. Media jam putar dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif pada mata pelajaran PPKn di SD/MI. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut juga research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang meliputi proses Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengembangan media pembelajaran melalui uji kelayakan produk dengan cara validasi oleh beberapa ahli. Kemudian diujicobakan kepada kelompok kecil dan kelompok besar. Kelompok kecil terdiri dari 2 peserta didik. Kelompok besar terdiri dari 23 peserta didik. Media jam putar pancasila ini telah dikembangkan telah melalui angket validasi media dengan persentase sebesar 96,25% dengan kategori sangat layak. Angket validasi materi persentase sebesar 95,83% berkategori sangat layak. Hasil validasi instrumen pretest dan posttest menunjukkan persentase sebesar 98,33% dikategorikan sangat layak. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan nilai ratarata pretest 45,4 menjadi 80,3 pada posttest. Kategori pretest menunjukkan “rendah” dan pada posttest mendapat kategori “tinggi”. Pada uji coba kelompok besar menunjukkan nilai rata-rata pretest 36,1 menjadi 80,6 pada posttest. Kategori pretest menunjukkan “sangat rendah” dan pada posttest mendapat kategori “tinggi”. Hal ini menunjukkan media jam putar pancasila dapat meningkatkan hasil belajar dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: media pembelajaran, jam putar pancasila, menigkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DAIMATUL MUNIFAH
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:26
Last Modified: 30 Nov 2023 04:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item View Item