Damayanti, Yulia Dwinda (2023) Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Sari Roti Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934113319_Prabab.pdf Download (994kB) |
|
Text
934113319_Bab1.pdf Download (242kB) |
|
Text
934113319_Bab2.pdf Download (264kB) |
|
Text
934113319_Bab3.pdf Download (274kB) |
|
Text
934113319_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
Text
934113319_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text
934113319_Bab6.pdf Download (122kB) |
|
Text
934113319_Daftar-Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Seiring berjalannya masa dan perubahan gaya hidup, semua orang menginginkan kebutuhan hidupnya terpenuhi dengan cepat, hal tersebut mendorong industri yang bergerak dibidang makanan berinovasi menciptakan makanan cepat saji, salah satunya roti. Banyaknya perusahaan roti yang memiliki merek dagang terkenal maka persaingan dalam pasar akan semakin ketat. Maka dari itu perusahaan harus mempunyai strategi atau bahkan melakukan berbagai upaya untuk menguasi pangsa pasar. Untuk dapat menguasai pangsa pasar, perusahaan harus memiliki pelanggan yang loyal dimana mereka akan membeli lagi produk yang dijual. Menurut Tjiptono terdapat 3 faktor salah satunya brand image. Brand merupakan salah satu pertimbangan konsumen akan menentukan roti mana yang akan mereka beli. Maka dari itu membangun citra merek sangat penting bagi suatu perusahaan roti agar konsumen loyal terhadap merek roti. Sari Roti merupakan salah satu merek dagang yang terkenal di Indonesia, salah satu konsumen Sari Roti yg berada di lingkup IAIN Kediri yaitu mahasiswa ES Angkatan 2019. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap mahasiswa ES Angkatan 2019 untuk mengetahui apakah loyalitas konsumen di pengaruhi oleh brand image. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui brand image dan loyalitas konsumen menurut mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri dan juga untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen menurut mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 IAIN Kediri. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas menyatakan variabel brand image dan variabel loyalitas konsumen semua pertanyaan valid dan sangat reliabel. Analisis deskriptif ariabel brand image dan loyalitas konsumen berada pada kategori cukup. Pada uji asumsi kalsik data yang dimiliki berdistribusi normal dan tidak terjadi hesteroskedastisistas serta tidak terjadi autokorelasi. Pada analisis korelasi, tingkat korelasi brand image dan loyalitas konsumen kuat. Analisi regresi linier sederhana menyatakan bahwa besar koefisien a -1,717 dan koefisien b 1,206, sehingga persamaannya yaitu Y = (-1,717) + 1,206Y. Pada uji t Ho ditolak dan ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan variabel brand image terhadap variabel loyalitas konsumen. Koefisien determinasi besar nilai R square 0,667 yang artinya variabel brand image mampu menjelaskan variabel loyalitas konsumen sebesar 66,7% dan 33,3% dipengaruhi variabel lain seperti kepuasan dan kualitas produk. Dapat disimpulkan bahwa variabel brand image (X) dan variabel loyalitas konsumen (Y) berada dalam kategori "cukup". Tingkat korelasi kuat antara brand image dan loyalitas konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Yulia Dwinda Damayanti |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 02:27 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 02:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10919 |
Actions (login required)
View Item |