Penerapan Metode Think Pair Share dalam Pembelajaran Media Word Square untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa MTsN 1 Kediri Pare pada Mata Pelajaran SKI Kelas 8

Qoys, Naufal (2023) Penerapan Metode Think Pair Share dalam Pembelajaran Media Word Square untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa MTsN 1 Kediri Pare pada Mata Pelajaran SKI Kelas 8. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932135918_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932135918_bab1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932135918_bab2.pdf

Download (415kB)
[img] Text
932135918_bab3.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932135918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932135918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
932135918_bab6.pdf

Download (258kB)
[img] Text
932135918_daftarpustaka.pdf

Download (298kB)
[img] Text
932135918_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932135918_persetujuanpublikasi.pdf

Download (566kB)

Abstract

Kurangnya aktivitas belajar siswa kelas VIII- H pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang mana dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Think Pair Share dalam pembelajaran media Word Square untuk meningkatkan Aktivitas Belajar peserta didik MTsN 1 Kediri Pare pada Mata Pelajaran SKI Kelas 8. Dan untuk mendeskripsikan langkah-langkah meningkatkan Aktivitas Belajar peserta didik MTsN 1 Kediri Pare pada Mata Pelajaran SKI Kelas 8. Penelitian ini menggunakan : Penentuan masalah penelitian, pengumpulan data penelitian dan analisis data. Subjek berjumlah 33 siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah seluruh proses, aktivitas dan hasil pembelajaran SKI siswa kelas 8 MTsN 1 Kediri Pare. Dalam pelaksanaannya peneliti bertindak sebagai pendidik dengan model pembelajarannya serta mengobservasi aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan analisis data yang digunakan aktivitas guru mengajar, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar yang tuntas pada siklus I adalah 48,48% dan yang belum tuntas sebesar 51,51%. Hasil belajar peserta didik dikatakan belum tuntas karena masih dibawah target keberhasilan yaitu < 75, dan peserta didik dikatakan tuntas apabila mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu ≥ 75. Kemudian pada tindakan siklus II, Hasil belajar yang tuntas pada siklus II adalah 96,96% dan yang belum tuntas hanya 3,03%. Dan target hasil belajar yang tercapai yaitu minimal 75%. Hal tersebut menandakan Aktivitas belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran word square termasuk sangat baik dan terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M NAUFAL QOYS
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:38
Last Modified: 23 Nov 2023 07:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10909

Actions (login required)

View Item View Item