Peran Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Etos Kerja Karyawan Ditinjau Dari Manajemen Sumber Daya Insani (Studi Kasus Di BMT Istiqomah Tulungagung)

Shofi, Ali (2023) Peran Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Etos Kerja Karyawan Ditinjau Dari Manajemen Sumber Daya Insani (Studi Kasus Di BMT Istiqomah Tulungagung). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931424618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931424618_bab1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
931424618_bab2.pdf

Download (278kB)
[img] Text
931424618_bab3.pdf

Download (106kB)
[img] Text
931424618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
931424618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
931424618_bab6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
931424618_daftarpustaka.pdf

Download (186kB)
[img] Text
931424618_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

ABSTRAK Shofi, Ali. 2023. Peran Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Etos Kerja Karyawan Ditinjau Dari Manajemen Sumber Daya Insani (Studi Kasus di BMT Istiqomah Tulungagung). Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dijan Novia Saka, S.E, M.M (2) Dr. Muhammad Wildan Fawa’id, M.EI Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Etos Kerja, Manajemen Sumber Daya Insani, BMT Istiqomah Tulungagung Seorang pemimpin menjadi faktor kunci yang mempengaruhi segala keberhasilan sebuah organisasi. Tanpa adanya pemimpin tentu sangat sulit dalam menjalankan semua elemen dan komponen yang ada dalam organisasi atau lembaga tersebut. Pada pelaksanaan proses kepemimpinan sebuah organisasi untuk mengatur berjalanya sesuai tujuan. Maka serangkaian proses untuk mengelola organisasi, termasuk karyawan termasuk dalam bagian manajemen sumber daya manusia. Pada lembaga keuangan syariah muncul istilah manajemen sumber daya insani, yang secara umum membahas terkait pengelolaan SDM didalam organisasi. BMT Istiqomah Tulungagung memiliki pemimpin dengan gaya trasnformasional. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran gaya kepemimpinan BMT Istiqomah Tulungagung dalam meningkatkan etos kerja karyawan melalui tinjauan manajemen sumber daya insani. Penelitian merupakan jenis kualitatif deskriptif dan studi kasus karena fokus utama membahas suatu permasalahan. Kemudian data diperoleh melalui sumber primer dan sekunder. Selain itu pengumpulan data melalui observasi pada lembaga, dokumentasi data, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan,ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 1) Gaya kepemimpinan pada BMT Istiqomah Tulungagung yaitu Transformasional. Manajer BMT Istiqomah Tulungagung memberikan inspirasi positif melalui motivasi pada karyawan. Manajer selalu memberikan dorongan semangat dan bekerja lebih cepat. Selain itu dengan pandangan kedepan dalam mencapai visi misi lembaga. . Etos kerja karyawan dengan adanya kepemimpinan transformasional terlihat dengan pemenuhan indikator yang ada. Beberapa indikator seperti kemampuan adaptasi, penguasaan pekerjaan, penyelesaian pekerjaan, ketaatan dan ketekunan telah terpenuhi dengan baik. 2) Manajemen sumber daya insani dari kepemimpinan BMT Istiqomah Tulungagung meliputi penerapan dua fungsi utama. Pertama fungsi manajerial, Manajer BMT Istiqomah Tulungagung merencanakan tugas bagi masing-masing karyawan sesuai posisi. Bahkan perencanaan dilakukan sejak awal menganalisis kebutuhan lembaga, seperti berapa karyawan yang dibutuhkan dan spesifikasi apa untuk masuk dalam posisi tersebut. Kedua fungsi operasional, meliputi proses perekrutan karyawan, pengembangan karyawan, pemberian kompensasi, integrasi karyawan, pemeliharaan karyawan dan pemberhentian karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Ali Shofi
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:47
Last Modified: 15 Dec 2023 02:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10902

Actions (login required)

View Item View Item