Wahida, Sinta Nur (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Opportunity Class dengan Model Discovery Learning dalam Memfasilitasi Pemahaman Peserta Didik pada Materi Peluang di MTs Hasyim Asy’ari Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932300519_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932300519_bab1.pdf Download (328kB) |
|
Text
932300519_bab2.pdf Download (319kB) |
|
Text
932300519_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
|
Text
932300519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932300519_bab5.pdf Download (155kB) |
|
Text
932300519_daftar_pustaka.pdf Download (139kB) |
|
Text
932300519_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932300519_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Sinta.pdf Download (195kB) |
Abstract
WAHIDA, SINTA, NUR. Dosen Pembimbing Ahmad Syamsudin, M.Kom., dan Nur Fadilatul Ilmiyah, M.Pd., Pengembangan Media Pembelajaran Opportunity Class dengan Model Discovery Learning dalam Memfasilitasi Pemahaman Peserta Didik pada Materi Peluang di MTs Hasyim Asy’ari Lamongan. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah. 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman peserta didik yang rendah yang dibuktikan dengan peserta didik yang kesulitan dalam memecahkan masalah dan nilai PTS kurang dari KKM. Permasalahan tersebut disebabkan pendidik jarang menerapkan media yang menarik dan model pembelajaran yang dapat memengaruhi peserta didik dalam memahami materi. Dalam pembelajaran matematika, peserta didik kurang menyukai pelajaran matematika terutama pada materi peluang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangan media pembelajaran berbasis android Opportunity Class dengan model discovery learning, sehingga pembelajaran matematika di materi peluang dapat lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media Opportunity Class dengan model discovery learning yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah pengembangan, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Lamongan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) instrumen kevalidan untuk ahli media dan ahli materi, (2) instrumen kepraktisan untuk praktisi lapangan dan peserta didik, serta (3) instrumen keefektifan untuk kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini berupa media Opportunity Class dengan model discovery learning. Hasil uji kevalidan dari ahli media mencapai rata-rata 63 dengan kriteria sangat valid dan dari ahli materi mencapai rata-rata 74.5 dengan kriteria valid. Hasil uji kepraktisan dari praktisi lapangan memperoleh skor 76 dengan kriteria sangat praktis, dari peserta didik skala kecil memperoleh rata-rata 53.8 dan skala besar memperoleh rata-rata 50.12 yang keduanya masuk dalam kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan media diperoleh dari perbandingan nilai evaluasi kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji T-test of independent yang mendapatkan hasil bahwa nilai t_hitung>t_tabel yaitu 4,809>2,00324 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan pemahaman peserta didik antara kelas yang menggunakan media Opportunity Class (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan media Opportunity Class (kelas kontrol). Sehingga media Opportunity Class dinyatakan sebagai media yang layak untuk digunakan di kelas VIII jenjang MTs/SMP. Kata kunci: Media Pembelajaran Opportunity Class, Model Discovery Learning, Pemahaman Peserta Didik, Peluang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Sinta Nur Wahida |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:29 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10876 |
Actions (login required)
View Item |