Ma'rifah, Dewi (2023) Relevansi Pendidikan Islam Masa Khalifah Umar bin Khattab dengan Pendidikan Islam di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110519_Prabab.pdf Download (554kB) |
|
Text
932110519_bab1.pdf Download (492kB) |
|
Text
932110519_bab2.pdf Download (326kB) |
|
Text
932110519_bab3.pdf Download (380kB) |
|
Text
932110519_bab4.pdf Download (180kB) |
|
Text
932110519_bab5.pdf Download (160kB) |
|
Text
932110519_DaftarPustaka.pdf Download (230kB) |
|
Text
932110519_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI .pdf Download (74kB) |
|
Text
932110519_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI .pdf Download (74kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pendidikan Islam di masa Umar bin Khattab dan relevansi dengan pendidikan Islam di Indonesia. Berisi penjabaran pendidikan Islam yang berfokus pada kelembagaan, kebijakan, dan metode pendidikan yang digunakan. Pada penelitian ini,peneliti tertarik mengangkat kajian mengenai Umar karena perannya besar bagi penyebaran pendidikan Islam. Alasan mengkaji pendidikan Islam di Indonesia karena merupakan negara muslim terbesar di dunia dan keberagaman yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yakni: (1) Bagaimana perkembangan pendidikan Islam masa Umar bin Khattab dari segi kelembagaan, kebijakan, dan metode pendidikan yang digunakan?; (2) Bagaimana perkembangan pendidikan Islam di Indonesia dari segi kelembagaan, kebijakan, dan metode pendidikan yang digunakan?; (3) Bagaimana relevansi pendidikan Islam masa Umar bin Khattab dengan pendidikan Islam di Indonesia dari segi kelembagaan, kebijakan, dan metode pendidikan yang digunakan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan metode analisis dan pendekatan historis dengan cara mengumpulkan, mengulik, mengevaluasi data sejarah sehingga diperoleh informasi yang akurat. Data diperoleh dengan mengumpulkan dan menyimpulkan isi dari jurnal, buku, dan beberapa sumber lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses perkembangan pendidikan Islam di masa Umar Meningkat karena wilayah Islam menyebar.Umarbesertaparasahabat membangun banyak lembaga Islam yang terorganisir dengan baik dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Umar. Dengan adanya metode pendidikan, memudahkan rakyat untuk memahami pendidikan Islam, (2) Proses perkembangan pendidikan Islam di Indonesia mengalami banyak masa. Di masa Reformasi pendidikan Islam meningkat, kurikulum diperbaiki agar pendidikan lebih baik, serta metode dan pendekatan yang beragam,(3) Pendidikan Islam di masa Umar dengan pendidikan Islam di Indonesia khususnya pada masa Reformasi menunjukkan beberapa relevansi pada ketiga aspek. Pada aspek kelembagaan dan metode pendidikan di Indonesia, pendidikan Islam lebih unggul karena ditunjang dengan kemajuan zaman dan teknologi, sedangkan pada kebijakan khususnya gaji pendidik masih lebih unggul di masa Umar karena muncul unjuk rasa di beberapa daerah terkait tidak sesuainya gaji pendidik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DEWI MA`RIFAH |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 03:19 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 03:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10872 |
Actions (login required)
View Item |