Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Ariculate Storyline 3 Pada Materi Penyajian Data Dalam Tabel Dan Diagram

Febriana, Ariska Putri (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Ariculate Storyline 3 Pada Materi Penyajian Data Dalam Tabel Dan Diagram. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932307018_prabab.pdf

Download (481kB)
[img] Text
932307018_bab1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
932307018_bab2.pdf

Download (360kB)
[img] Text
932307018_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
932307018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932307018_bab5.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932307018_daftarpustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932307018_sp.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Penyajian Data Dalam Tabel Dan Diagram. Latar belakang dipilihnya penelitian ini yaitu karena dalam proses belajar mengajar guru hanya menggunakan lisan untuk menyampaikan pembelajaran, jika menggunakan video pembelajaran tersebut isinya hanya materi dan musik pengiring saja tidak ada evaluasi dalam pembelajaran matematika maka dari itu mengakibatkan proses belajar mengajar kurang menyenangkan. Dari hasil wawancara dengan beberapa siswa yang bersekolah di tempat tersebut mayoritasnya senang dengan pembelajaran matematika. Namun siswa tidak menikmati pembelajaran ini karena proses pembelajaran matematika yang kurang tepat. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dengan teori pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). I Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan tes dan wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi dan angket respon siswa yang berisi pertanyaan yang harus dijawab oleh responden. Pada penelitian ini diambil 2 kelas di VIIIA dan VIIIB MTS Sunan Ampel Kepung dimana kelas VIIIA sebagai responden dengan skala besar dan kelas VIIIB sebagai responden skala kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MAMA PETA sangat valid dari hasil perhitungan rata-rata skor oleh ahli media 1 dan 2 yaitu 86,66%, ahli materi dengan rata-rata 85,8% dan respon siswa terhadap media 82.6%. Pada tahap implementation, peneliti melakukan ujicoba hasil angket kepraktisan mendapat persentase uji coba kelompok kecil memperoleh hasil keseluruhan respon siswa sebesar 80,8% kategori praktis, ujicoba kelompok besar memperoleh 84,4% kategori sangat praktis. Pada tahap evaluation, Pada tahapan ini dilakukan evaluasi formatif yakni peneliti melakukan revisi dari saran ahli media, ahli materi, hasil respon siswa serta hasil pengujian media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 terhadap penggunaan produk tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran MAMA PETA dapat diterapkan pada pembelajaran penyajian data dan diharapkan dapat bermanfaat

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010204 Dynamical Systems in Applications (Sistem Dinamis dalam Aplikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ariska putri febriana
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:16
Last Modified: 17 Nov 2023 06:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10851

Actions (login required)

View Item View Item