ROHMAN, FATKHUR (2023) Efektivitas Bimbingan Baca Tulis Al-Quran Terhadap Meningkatnya Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Di SMPN 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932136416_babAWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
932136416_BAB 1satu.pdf Download (245kB) |
|
Text
932136416_BAB 2dua.pdf Download (445kB) |
|
Text
932136416_Bab 3tiga.pdf Download (192kB) |
|
Text
932136416_BAB 4empat.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text
932136416_BAB 5lima.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
932136416_BAB 6enam&daftarpustaka.pdf Download (362kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf Download (296kB) |
Abstract
ABSTRAK Fatkhur Rohman, 2023 Dosen Pembimbing Dr. Iskandar dan Agus dwi santosa, M.Pd.I. Efektivitas Bimbingan Baca Tulis Al-Quran Terhadap Meningkatnya Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di Smpn 3 Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Efektifitas, Baca Tulis Al-Qur’an. Tartil merupakan salah satu bentuk aturan dalam pembacaan Al-Qur’an. Dengan membaca al-qur’an secara tartil, maka siswa akan lebih berhati-hati dalam membaca al-qur’an. Masih banyak ditemukan persepsi siswa tentang belajar alQuran adalah suatu hal yang kurang penting bahkan bisa dkatakan hal yang amat sulit untuk dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk; (1) untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 3 Kota Kediri. (2) untuk mengetahui penerapan pembelajaran BTQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 3 Kota Kediri. (3) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran BTQ dalam meingkatkan kemapuan membaca Al-Qur'an siswa di SMPN 3 Kota Kediri. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berupa studi lapangan.Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara serta metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan carareduksi data, display data serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) tingkat kemampuan membaca AlQur’an siswa di SMPN 3 Kota Kediri tergolong cukup baik akan tetapi ada beberapa siswa yang belum begitu lancer. (2) penerapan pembelajaran BTQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 3 Kota Kediri.terdapat 2 penerapan yakni proses pembelajaran dan materi pembelajaran. (3) efektivitas pembelajaran BTQ dalam meingkatkan kemapuan membaca AlQur'an sudah cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 08:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 08:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10843 |
Actions (login required)
View Item |