Penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi SDN Betet I

Bahiyah, Khoridatul (2019) Penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi SDN Betet I. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933405513-prabab.pdf

Download (412kB)
[img] Text
933405513-bab1-3&6.pdf

Download (338kB)
[img] Text
933405513-full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
933405513-Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian mengenai penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi didasari atas ketertarikan peneliti terhadap bagaimana gambaran penyesuaian diri yang dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus dalam satu lingkup sekolah bersama anak normal. Karena menyesuaikan diri bersama anak normal bagi anak berkebutuhan khusus dengan kekurangan yang mereka miliki merupakan hal yang sulit dan membutuhkan perhatian yang khusus. Penelitian ini merupakan penelitian studi khasus. Informan dari penelitian ini sebanyak 9 orang, 5 anak berkebutuhan khusus kelas dua sebagai subyek utama, 4 guru pendamping sebagai informan tambahan. Informan dalam penelitian ini dipilih berdasarkan purpose sampling yang mana subyek dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu karena subyek menjadi informan kunci dalam penelitian ini. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi secara mendalam pada informan. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh bentuk-bentuk penyesuaian diri berdasarkan teori Gerungan yang dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus yaitu bentuk adaptive meliputi pengendalian diri serta membaur dengan lingkungan dan adjuctive meliputi mematuhi tata tertib sekolah serta mengikuti kegiatan sekolah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus meliputi keadaan lingkungan keluarga dan pendidikan, dukungan sosial orang tua dan teman sebaya serta penerimaan guru, dan kepribadian yang meliputi kepribadian intravert ekstravert.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:17
Last Modified: 11 Mar 2020 07:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item