Analisis Strategi Personal Selling (Jemput Bola) Pada Produk Tabungan Idulfitri Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Bmt Ugt Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri Ditinjau Dari Marketing Syariah

Ridlo, Ahmad Zaki Alwi (2023) Analisis Strategi Personal Selling (Jemput Bola) Pada Produk Tabungan Idulfitri Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Bmt Ugt Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri Ditinjau Dari Marketing Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931402818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931402818_bab1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
931402818_bab2.pdf

Download (190kB)
[img] Text
931402818_bab3.pdf

Download (59kB)
[img] Text
931402818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
931402818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
931402818_bab6.pdf

Download (49kB)
[img] Text
931402818_daftarpustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
931402818_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Zaki Alwi Ridlo. 2023. Analisis Strategi Personal Selling (Jemput Bola) Pada Produk Tabungan Idulfitri Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Bmt Ugt Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri Ditinjau Dari Marketing Syariah. Skripsi, Perbankan Syariah, Ekonomi Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing (1) Dr. Andriani, SE, MM (2) Erawati Dwi Lestari, SS, M. HUM. Kata Kunci : Personal Selling, Tabungan Idulfitri,Strategi Pemasaran, Prinsip Syariah Skripsi ini adalah suatu kajian ilmiah yang membahas tentang strategi Personal Selling (jemput bola) pada produk tabungan Idulfitri dalam meningkatkan jumlah anggota nasabah BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri dan ditinjau dari marketing syariah. Penelitian ini berfokus pada; 1) Bagaimana penerapan strategi jemput bola pada produk tabungan Idulfiri dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri. 2) Bagaimana praktik strategi jemput bola pada produk tabungan Idulfiri dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri ditinjau dari perspektif marketing syariah. Tujuan dari penelitian ini yaitu; 1) Untuk mengetahui penerapan strategi jemput bola pada produk tabungan Idulfiri dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri. 2) Untuk menganalisis praktik strategi jemput bola pada produk tabungan Idulfiri dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri ditinjau dari perspektif marketing syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri beserta beberapa staff dan karyawan, beberapa nasabah juga terlibat dalam wawancara. Teknik triangulasi digunakan untuk mengecek keabsahan data. Lalu analisa data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak; 1)Pihak BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare berhasil meningkatkan jumlah nasabah melalui penerapan strategi Personal Selling dengan cara memenuhi ketiga indikator yaitu Personal Interaction, Cultivation, dan Respons. Jumlah nasabah dari tahun 2015 yang awalnya 1.100 anggota dengan jumlah tabungan 100 juta rupiah berhasil meningkat setiap tahunnya hingga pada Tahun 2022 BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare berhasil memperoleh jumlah anggota menjadi 7.138 orang dengan jumlah tabungan mencapai angka 2,6 milyar rupiah dengan persentase peningkatan mencapai angka 5,48. 3) Pihak BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare Kediri tidak mengingkari prinsip-prinsip marketing syariah. Promosi yang dilakukan para sales kepada nasabah menerapkan karakteristik keislaman seperti Theistis (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqiyyah), Humanitis (Insaniyyah).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150202 Financial Econometrics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Ahmad Zaky Alwi Ridlo
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:18
Last Modified: 15 Nov 2023 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10785

Actions (login required)

View Item View Item