Implementasi Strategi Growth Hacking Pada Digital Banking Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bank Muamalat KCP Mojokerto

Samsiyah, Nurus (2023) Implementasi Strategi Growth Hacking Pada Digital Banking Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bank Muamalat KCP Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931416718_prabab.pdf

Download (480kB)
[img] Text
931416718_bab1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
931416718_bab2.pdf

Download (241kB)
[img] Text
931416718_bab3.pdf

Download (147kB)
[img] Text
931416718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
931416718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
931416718_bab6.pdf

Download (34kB)
[img] Text
931416718_daftarpustaka.pdf

Download (158kB)

Abstract

Strategi growth hacking sebagai bagian dari pemasaran melalui kanal digital dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produk lebih efisien. Terlebih dengan adanya perkembangan teknologi, yang memudahkan segala jenis pemasaran berbasis digital. Melalui strategi growth hacking dapat meningkatkan kualitas layanan melalui pemanfaatan teknologi yang ada. Bank Muamalat Mojokerto sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa tentu sangat penting memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan pada nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi growth hacking pada Bank Muamalat Mojokerto. Selain itu untuk menunjukkan bahwa strategi growth hacking dapat meningkatkan kualitas pelayanan Bank Muamalat Mojokerto. Penelitian merupakan jenis kualitatif deskriptif dan studi kasus karena fokus utama membahas suatu permasalahan. Kemudian data diperoleh melalui sumber primer dan sekunder. Selain itu pengumpulan data melalui observasi pada lembaga, dokumentasi data, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 1) Strategi growth hacking pada Bank Muamalat Mojokerto berfokus dalam memasarkan layanan digital M-DIN (Muamalat Digital Internet Network). Layanan M-DIN dapat memudahkan nasabah dalam melaksanakan berbagai transaksi. Adapun tahapan growth hacking dalam memasarkan M-DIN antara lain pertama pengenalan produk melalui media sosial. Kedua memberikan link QRIS untuk aktivasi. Ketiga melayani berbagai jenis pertanyaan melalui layanan Salam Muamalat digital. Keempat berikutnya terkait keberhasilan media sosial, bahwa instagram yang memiliki feedback paling baik diantara media sosial lainya. Keenam terakhir menjaga loyalitas nasabah dengan memberikan produk sesuai kebutuhan nasabah. 2) Layanan M-DIN sebagai bentuk pemanfaatan kecanggihan teknologi tentu dapat menunjukkan kualitas layanan Bank Muamalat Mojokerto. Kualitas Pelayanan yang meningkat terlihat dari beberapa indikator, pertama tangibles atau fasilitas fisik yang memadai. Kedua realibility atau keandalan front liner karena adanya evaluasi bagi karyawan. Ketiga responsiveness atau tanggungjawab yang terpenuhi. Keempat assurance atau jaminan atas layanan yang baik. Kelima emphaty melalui small talk saat menghadapi keluhan nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: NURUS SAMSIYAH
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:45
Last Modified: 10 Nov 2023 07:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10747

Actions (login required)

View Item View Item