Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Pembelajaran Ibadah Shalat pada Anak Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri

Habibah, Zilfana (2022) Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Pembelajaran Ibadah Shalat pada Anak Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932131916_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932131916_BAB1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932131916_BAB2.pdf

Download (515kB)
[img] Text
932131916_BAB3.pdf

Download (215kB)
[img] Text
932131916_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
932131916_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932131916_BAB6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
932131916_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932131916_sp.pdf

Download (120kB)

Abstract

HABIBAH, ZILFANA, 2022. Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Pembelajaran Ibadah Shalat pada Anak Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Ilham Tohari, SH. M.HI dan (2) M. Alim Khoiri, S.H.I, M.Sy. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Ibadah Shalat, Tunagrahita Skripsi ini membahas tentang strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran ibadah shalat pada anak tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Strategi yang Digunakan Guru PAI untuk Meningkatkan Pembelajaran Pembelajaran Ibadah Shalat pada Anak Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, dan (2) Hambatan dan Pendukung Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ibadah Shalat pada Anak Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian studi kasus (case studies). Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan prosedur ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Temuan dari penelitian ini yaitu Strategi yang Digunakan Guru PAI untuk Meningkatkan Pembelajaran Ibadah Shalat pada Anak Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, (1) Guru PAI menggunakan strategi pembelajaran individual; (2) Guru PAI menggunakan strategi pembelajaran modifikasi tingkah laku; (3) Guru PAI menggunakan strategi pembelajaran VAKT (Visual, Auditori, Kinetik, dan Taktil); dan (4) Guru PAI menggunakan strategi pembelajaran pembiasaan. Hambatan Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ibadah Shalat pada Anak Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, (1) Kemampuan anak tunagrahita dibawah rata-rata; (2) Minat belajar anak tunagrahita yang fluktuatif; (3) Kemandirian anak tunagrahita yang kurang; dan (4) Guru terkendala dalam menganalisis atau mengatur siswa tunagrahita yang masih baru (baru sekolah atau baru naik kelas). Pendukung Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ibadah Shalat pada Anak Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, (1) Siswa patuh diberi perintah mengerjakan tugas dari guru; (2) Guru sabar dalam mengajarkan shalat anak tunagrahita; (3) Guru telaten dalam mengajarkan shalat anak tunagrahita; dan (4) Tersedianya sarana dan prasarana berupa mushola, mukena, sajadah, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZILFANA HABIBAH
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:22
Last Modified: 10 Nov 2023 07:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item