Pemikiran Islam Perspektif Nurcholis Madjid Dan Relevansinya Dengan Moderasi Beragama Di Indonesia

Romadhon, M Syahrul (2023) Pemikiran Islam Perspektif Nurcholis Madjid Dan Relevansinya Dengan Moderasi Beragama Di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932116018_bab1.pdf

Download (901kB)
[img] Text
932116018_bab2.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932116018_bab3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
932116018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
932116018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
932116018_bab6.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932116018_daftarpustaka.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932116018_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)

Abstract

ABSTRAK M. Syahrul Romadhon, 2023. Pemikiran Islam Perspektif Nurcholis Madjid Dan Relevansinya Dengan Moderasi Beragama Di Indonesia, Skripsi Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing (1) Dr. H. Muniron M. Ag (2) Surahmat M. Hum Kata kunci: Pendidikan Islam, Nurcholis Madjid dan Moderasi Beragama. Indonsia adalah negara yang kaya dari segalanya dari aspek agama, budaya, ras, suku, bahasa. Semangat yang bercirikan nondoktriner, toleran dan akomodatif dan optimistik menjadi ciri khas budaya nusantara yang kiranya masih relevan dengan dengan situasi saat ini yang terbilang pluralis, namun apabila manusia mengambil kesimpulan tentang kenyataan ini kemungkinan perbedaan pendapat di Indonesia menjadi permasalahan yang serius. Munculnya pemikiran Islam dari sinilah akan pentingnya pemikiran pendidikan Islam dapat menjadikan manusia yang saling peduli dan mengerti akan keberagaman. Nurcholis Madjid hadir dengan pemikiran pendidikan Islamnya dengan tujuan untuk mengetahui: 1). Pemikiran pendidikan Islam perspektif Nurcholis Madjid. 2). Moderasi beragama di Indonesia. 3). Relevansi antara pemikiran pendidikan Islam terhadap moderasi beragama perspektif Nurcholis Madjid dengan moderasi beragama di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Pendekatan metode kualitatif, dan Jenis penelitian ini menggunakan library research (penelitian kepustakaan) yaitu dengan menganalisis secara komprehensif terkait dengan bahan yang berasal dari buku, jurnal, e-book. Analisis dilakukan dengan menghimpun beberapa literatur hasil penelitian terdahulu sebagai bentuk mencari informasi dengan penelitian yang dilakukan relevan dengan variabel yang akan diteliti. Hasil penelitian pemikiran pendidikan Islam perspektif Nurcholis Madjid adalah 1). Pendidikan mengkombinasikan antara ilmu tradisional dan modern tatapi tetap menjaga nilai-nilai dasar yang baik, memandang ke depan dan mengadopsi pemikiran barat yang modern dan relevan dengan agama Islam. 2). Moderasi beragama di Indonesia telah memperlihatkan kesimbangan dan pengimplementasikan upaya melerai perbedaan dan menciptakan kebersamaan antara umat beragama di Indonesia. 3). Relevansi pemikiran pendidikan Islam perpektif Nurcholis Madjid dengan moderasi beragama di Indonesia dengan penguatan sistem pendidikan untuk memperkokoh moderasi beragama melalui pendidikan multikultural, pembebasan, humanisme dan inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Syahrul Romadhon
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:39
Last Modified: 09 Nov 2023 07:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item View Item