Perilaku Makelar Sapi Ditinjau Dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Wage, Desa Banjarjo, Kec. Padangan, Kab. Bojonegoro)

SHAFA, IKHWANUS (2019) Perilaku Makelar Sapi Ditinjau Dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Wage, Desa Banjarjo, Kec. Padangan, Kab. Bojonegoro). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
HALAMAN PERTAMA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Perilaku makelar merupakan bagian penting dalam kegiatan jual beli. Makelar adalah pedagang perantara yang berfungsi menjualkan barang atau membelikan barang kepada konsumen yang menggunakan jasanya. Karena pekerjaan berdagang atau jual-beli adalah sebagian dari pekerjaan bisnis yang kebanyakan masyarakat lakukan dan selalu ingin meraup keuntungan yang besar untuk kebutuhan hidupnya. Sosiologi Ekonomi Islam merupakan konsep yang dapat dipahami dalam dua arti, yakni: pertama, ekonomi Islam dalam perspektif sosiologi, dan kedua, sosiologi ekonomi dalam perspektif Islam. Maka sosiologi ekonomi Islam dapat dipahami sebagai suatu kajian sosiologis yang mempelajari fenomena ekonomi, yakni gejala-gejala tentang bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan dan mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan tidak mengesampingkan syari’at Islam. Pasar Wage merupakan pasar hewan yang mempertemukan makelar sapi dengan peternak dan pembeli, di mana terdapat hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau yang diperjual belikan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku makelar sapi di pasar wage, Desa Banjarjo, Kec. Padangan, Kab. Bojonegoro dan tinjauan sosiologi ekonomi Islam terhadap perilaku makelar sapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi serta kecukupan referensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makelar sapi di Pasar Wage dalam melakukan jual beli sapi masih banyak yang menutupi cacat sapi dan juga menutupi jenis sapi. Hal ini dilakukan makelar agar sapi cepat terjual dan mendapat keuntung yang banyak. Dalam hubungan dengan peternak beberapa makelar lebih mengedepankan kepuasan agar bisa membangun kepercayaan dari peternak untuk memakai jasanya. Kerjasama oleh sesama makelar dalam pinjam meminjam modal sangatlah membantu untuk memperoleh sapi yang ditawarkan kepada makelar, meskipun terkadang juga ada makelar yang seenaknya sendiri mempermainkan harga agar bisa mendapat sapi yang banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:30
Last Modified: 09 Nov 2023 04:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10734

Actions (login required)

View Item View Item