Strategi Pesantren Dalam Mendisiplinkan Santri: Studi Kasus Di Asrama Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri

Imanina, Lana Zahrotu (2023) Strategi Pesantren Dalam Mendisiplinkan Santri: Studi Kasus Di Asrama Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123918_Prabab.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932123918_Bab1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
932123918_Bab2.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932123918_Bab3.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932123918_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
932123918_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
932123918_Bab6.pdf

Download (104kB)
[img] Text
932123918_DaftarPustaka.pdf

Download (957kB)

Abstract

Kedisiplinan menjadi kunci dari keberhasilan sebuah pendidikan, tak terkecuali dalam pondok pesantren. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu strategi tertentu yang dilakukan oleh pesantren. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kedisiplinan santri dalam melakukan kegiatan di Asrama Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri 2) Mengetahui strategi Pondok Pesantren Al-Amien dalam mendisiplinkan santri untuk mengikuti kegiatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh data dari para pengelola pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan metode berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya secara interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Dalam kedisiplinan santri Asrama Pondok Pesantren Al-Amien sudah sangat baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan tertibnya santri mengikuti kegiatan, menaati peraturan yang ada, hukuman menjadi pengontrol sikap santri serta terbentuknya karakter yang bermoral. Namun, pencapaian tersebut sangatlah dipengaruhi oleh strategi yang diterapkan oleh kepala asrama. 2) Dalam menerapkan strategi diawali dengan tahapan menelaah kegiatan yang pernah ada, mengganti atau mengurangi atau menambahi, melaksanakan dan evaluasi. Setiap kegiatan memiliki cara mengukur kedisiplinan yang berbeda-beda, diantaranya dengan absensi, KHMS, buku catatan santri. Pembimbing asrama memiliki peran yang sangat penting dalam tercapaianya kedisiplinan tersebut. Karena, pembimbing asrama yang selalu mendampingi dan membina kegiatan santri mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lana Zahrotun Imanina
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:40
Last Modified: 09 Nov 2023 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10712

Actions (login required)

View Item View Item