Praktik Jual Beli dalam Perspektif Ilmu Hadith Nabi (Kajian Ma'ani al-Hadith tentang Hadith Binatang Buas)

Laili, Nurul (2023) Praktik Jual Beli dalam Perspektif Ilmu Hadith Nabi (Kajian Ma'ani al-Hadith tentang Hadith Binatang Buas). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933202117_prabab.pdf

Download (560kB)
[img] Text
933202117_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933202117_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933202117_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933202117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933202117_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933202117_daftar_pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933202117_sp.pdf

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK LAILI, NURUL, 2021. Praktik Jual Beli Harimau dalam Perspektif H}adith Nabi Saw (Kajian Ma’ani al-h}adith tentang h}adith Binatang Buas), Skripsi, Program Studi Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Drs. H. Hamam Thontowi, M. Pd.1 dan (2) Qoidatul Marhumah, Lc, M. Th.I. Kata Kunci : Jual Beli, Harimau, Ma’ani al-H}adith Harimau adalah jenis kucing terbesar dari spesiesnya, harimua juga merupakan kucing tercepat kedua dalam berlari. Perburuan liar yang dilakukan oleh banyak pihak hingga saat ini yang menjadi pemicu menurunnya jumlah populasi harimau dari tahun ke tahun. Maraknya jual beli ilegal harimau yang diambil pada bagian tubuh yang dipergunakan sebagai bahan pengobatan tradisonal yang marak terjadi di Negara China, kepala harimau yang dipergunakan untuk Kesenian Reog Ponorogo, kulit harimau yang dipergunakan sebagi bahan industri seperti ; tas, ikat pinggang, pelana dan masih banyak lagi. Dampak dari praktik jual beli harimau tersebut yang terjadi di Negara Indonesia mengandung banyak perhatian, dari segi praktik yang terjadi dari hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli harimau, dan kualitas h}adith tersebut, pemahaman h}adith dan interpretasinya terhadap ilmiah. Penulis kemudian tertarik meneliti fenomena tersebut dalam perspektif h}adith. penulis bertolak dari salah satu h}adith tentang jual beli harimau yang diriwayatkan oleh Sunan Abu Daud dalam kitab Sunan Abu Daud. Dari sahabat Abu Muawiyah. Untuk menjawab persoalan tersebut berdasarkan h}adith, dibutuhkan penelitian otentisitas h}adith dan pemaknaan h}adith itu, kemudian di relevansikan dengan fenomena tersebut. Teori ma’ani al- h}adith yang di tawarkan oleh Nurun Najwah, yang meliputi tahapan berupa metode historis (penelitian otentisitas h}adith), dan metode hermeneutika (pemaknaan h}adith). maka dari beberapa metode tersebut muncullah beberapa rumusan masalah, yakni bagimana praktik jual beli binatang buas, serta apa pemaknaan h}adith tersebut dan relevansinya terhadap praktik jual beli harimau dalam perspektif h}adith Nabi Saw. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas dari h}adith yang menjadi dasar landasan dalam fenomena tersebut ialah hasan, namun terdapat ayat al-Qur’an yang memperkuat dasar landasan dalam fenomena tersebut. Hasil penelitian dari sumber sekunder, menunjukkan bahwa interpretasi antara h}adith dan kajian ilmiah dari segi kemanfaatan. Dalam kulit binatang buas maupun kulit harimau tidak boleh dimanfaatkan, perdagangan yang memanfaatkan kulit harimau yang dipergunakan sebagai bahan industri, hiasan maupun yang lainnya hukumnya haram. Larangan tersebut sudah diperjelas dengan adanya riwayat dari h}adith lain yang memperkuat jual beli harimau dan memanfaatkan kulit harimau.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040304 Hadith and Related Knowledge (Hadits dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030401 Ilmu Hadits (incl : Dirayah, Riwayah, Rijal Hadits, Jarah dan Ta’dil, Tabaqat al-Ruwat, Asbab Wurud, Nasikh dan Mansukh)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Hadits
Depositing User: NURUL LAILI
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:46
Last Modified: 08 Dec 2023 02:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10711

Actions (login required)

View Item View Item