Peran Digitalisasi Perbankan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Madiun

Meiastuti, Anisya Rizky (2023) Peran Digitalisasi Perbankan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931417918_prabab.pdf

Download (652kB)
[img] Text
931417918_bab1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
931417918_bab2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
931417918_bab3.pdf

Download (105kB)
[img] Text
931417918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
931417918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
931417918_bab6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
931417918_daftarpustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
931417918_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)

Abstract

ABSTRAK MEIASTUTI, ANISYA RIZKY, 2023. Peran Digitalisasi Perbankan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Madiun, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing: (1) Amrul Mutaqin, MEI. dan (2) Ulfi Dina Hamida, M.Pd. Kata Kunci: Digitalisasi Perbankan, Jumlah Nasabah, Bank Syariah. Layanan perbankan digital adalah layanan atau kegiatan perbankan dengan menggunakan sarana elektronik atau digital milik Bank, dan/atau melalui media digital milik calon nasabah dan/atau nasabah Bank, yang dilakukan secara mandiri. Saat ini, layanan digital perbankan telah berkembang dengan baik, seperti internet banking, mobile banking, ATM, e-money, galeri pembayaran, perbankan tanpa cabang, debit online, outlet digital, kartu kredit virtual, sistem manajemen kas, EDC, cabang seluler, akun seluler, dan aplikasi keuangan berbasis smartphone. Bank Muamalat mengeluarkan atau meluncurkan satu aplikasi yang dibuat khusus untuk meningkatkan kualitas pelayanan nasabah yakni aplikasi Muamalat DIN (Digital Islamic Network). Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madiun mulai mengupayakan peningkatan pemahaman masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk digitalisasi perbankan pada Bank Muamalat KCP Madiun. 2) Untuk mengetahui peran digitalisasi perbankan dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Bank Muamalat KCP Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan Branch Manager, Customer Service, dan nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun. Sedangkan data sekunder penelitian ini diperoleh dari website resmi dan referensi lainnya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan mengenai data yang berhubungan dengan pembahasan, teknik ini mendeskripsikan peran digitalisasi perbankan dalam meningkatkan jumlah nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk digitalisasi perbankan yang telah diterapkan pada Bank Muamalat KCP Madiun yaitu ATM (Automatic Teller Machine), Internet Banking, dan Mobile Banking. 2) Peran digitalisasi perbankan dalam memberikan kemudahan melakukan transaksi perbankan maupun non-perbankan berhasil memberikan hasil peningkatan jumlah nasabah pada Bank Muamalat KCP Madiun, hal ini menyebabkan nasabah memberikan loyalitas dan merasa aman serta nyaman dalam menggunakan produk digitalisasi perbankan yang telah dimiliki oleh Bank Muamalat KCP Madiun.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150206 Financial Technology (incl. Fintech Syariah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Anisya Rizky Meiastuti
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:42
Last Modified: 07 Nov 2023 03:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10698

Actions (login required)

View Item View Item