Milati, Zuyina (2023) Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Literasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Fiqih Di MAN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932101619_PRABAB.pdf Download (902kB) |
|
Text
932101619_BAB I.pdf Download (354kB) |
|
Text
932101619_BAB II.pdf Download (588kB) |
|
Text
932101619_BAB III.pdf Download (325kB) |
|
Text
932101619_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
|
Text
932101619_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
932101619_BAB VI.pdf Download (187kB) |
|
Text
932101619_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
|
Text
932101619_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI_.pdf Download (181kB) |
Abstract
Untuk mensukseskan proses kegiatan pembelajaran maka setiap guru harus memiliki kreativitas untuk menumbuhkan kegiatan literasi bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Terutama mata pelajaran Fiqih karena terdapat bab yang mengharuskan siswa/siswi untuk menyimak dan memperhatikan materi yang disampaikan agar dapat mengerti dan memahami materi dengan baik, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kreativitas guru dalam menumbuhkan literasi peserta didik pada pembelajaran fiqih di MAN 3 Nganjuk. 2) Mendeskripsikan literasi yang terbentuk pada pembelajaran fiqih di MAN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan triangulasi data dan manggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kreativitas guru dalam menumbuhkan literasi peserta didik pada pembelajaran Fiqih di MAN 3 Nganjuk dengan melakukan empat aspek, yaitu pribadi, pendorong, proses, dan produk. Pada aspek pribadi, guru mampu memiliki rasa ingin tahu dan semangat yang tinggi serta mampu terbuka dalam sebuah pengalaman berliterasi. Pada aspek pendorong, dengan adanya motivasi serta tersedianya perpustakaan sekolah. Pada aspek proses, guru Fiqih melakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pada aspek produk, yaitu dengan membuat sebuah resume dan ide gagasan yang berupa penayangan vidio untuk siswa. (2) literasi yang terbentuk pada pembelajaran Fiqih di MAN 3 Nganjuk yaitu membaca, menulis, dan berfikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ZUYINA MILATI |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 04:52 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 04:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10690 |
Actions (login required)
View Item |