Azizah, Siti Nurngazizatur Rohmah (2023) Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Srengat 03 Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135917_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932135917_BAB I.pdf Download (336kB) |
|
Text
932135917_BAB II.pdf Download (530kB) |
|
Text
932135917_BAB III.pdf Download (336kB) |
|
Text
932135917_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
|
Text
932135917_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text
932135917_BAB VI.pdf Download (192kB) |
|
Text
932135917_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
|
Text
932135917_Lampiran Azizah fiks.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
932135917_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf Download (199kB) |
Abstract
Siti Nurngazizatur Rohmah, Dosen Pembimbing Dr. Wahidul Anam, M.Ag. dan Nurul Hudha Purnomo, M.Pd. : Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Srengat 03 Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2022. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam. Pendidikan adalah usaha sadar dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia. Belakangan ini pendidikan terganggu karena adanya masa pandemi Covid-19. Dampak virus covid-19 ini salah satunya adanya penutupan di bidang pendidikan yang berakibat proses pembelajaran menjadi terganggu. Supaya pembelajaran tetap berjalan kemendikbud mengambil kebijakan bahwa setiap proses pembelajaran dilaksanakan secara daring termasuk di SDN Srengat 03 Blitar yang menerapkan pembelajaran daring dimasa pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana proses perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Srengat 03 Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendiidkan Agama Islam di SDN Srengat 03 Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Srengat 03 Blitar? Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari fenomena atau peristiwa dari orang-orang secara individu atau kelompok dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Proses perencanaan pembelajaran secara daring dilakukan dengan adanya komunikasi antara kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan paguyuban orangtua siswa. Kemudian dilakukan dengan langkah penyusunan perangkat pembelajaran sesuai peraturan pemerintah RPP 1 lembar (darurat). 2) Mengenai proses pelaksanaan pembelajaran guru memberikan materi dengan metode ceramah, tanya jawab melalui voicenote di Whatsapp Grup, kemudian siswa diberikan penugasan. 3) Dalam evaluasi pembelajaran pada masa pandemi yaitu disetiap akhir pembahasan diberikan penugasan melalui whatsapp grup. Selanjutnya untuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester menggunakan google form atau siswa datang ke sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SITI NURNGAZIZATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 08:08 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 08:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10685 |
Actions (login required)
View Item |