Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa 3 Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Ngronggo 4 Kota Kediri

Ulfanida, Susi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa 3 Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Ngronggo 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609419_prabab.pdf

Download (920kB)
[img] Text
932609419_bab1.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932609419_bab2.pdf

Download (104kB)
[img] Text
932609419_bab3.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932609419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
932609419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
932609419_bab6.pdf

Download (67kB)
[img] Text
932609419_daftarpustaka.pdf

Download (28kB)
[img] Text
932609419_suratpernyataan.pdf

Download (84kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu selama observasi di SDN Ngronggo 4 ditemukan permasalahan terkait kurangnya minat belajar peserta didik karena guru tidak menggunakan media video interaktif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negri 4 Ngronggo Kota Kediri dan 2) mengetahui keefektivan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN Ngronggo 4 Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Ngronggo Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket respon, wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Ngronggo Kota Kediri. Hasil penelitian dan pengembangan ini:1) pengembangan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan minat belajar pada penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah analysis, design, development, implementation dan evaluation. Media yang peneliti buat divalidasi oleh 3 validator ahli yaitu 2 validator ahli materi yang memperoleh skor 96,6% dan 1 validator ahli media yang memperoleh skor 98,6% yang menunjukkan bahwa media yang peneliti buat valid bisa digunakan untuk uji coba, dan 2) Efektivitas media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa dilakukan melalui uji N Gain dengan menggunakan hasil post test dan pre test yang memperoleh skor 81,5% dengan kategori efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa setelah menggunakan video interaktif mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Susi Ulfanida
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:34
Last Modified: 02 Nov 2023 08:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item