Ulfanida, Susi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa 3 Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Ngronggo 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609419_prabab.pdf Download (920kB) |
|
Text
932609419_bab1.pdf Download (156kB) |
|
Text
932609419_bab2.pdf Download (104kB) |
|
Text
932609419_bab3.pdf Download (254kB) |
|
Text
932609419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
|
Text
932609419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text
932609419_bab6.pdf Download (67kB) |
|
Text
932609419_daftarpustaka.pdf Download (28kB) |
|
Text
932609419_suratpernyataan.pdf Download (84kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu selama observasi di SDN Ngronggo 4 ditemukan permasalahan terkait kurangnya minat belajar peserta didik karena guru tidak menggunakan media video interaktif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negri 4 Ngronggo Kota Kediri dan 2) mengetahui keefektivan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN Ngronggo 4 Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Ngronggo Kota Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket respon, wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Ngronggo Kota Kediri. Hasil penelitian dan pengembangan ini:1) pengembangan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan minat belajar pada penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah analysis, design, development, implementation dan evaluation. Media yang peneliti buat divalidasi oleh 3 validator ahli yaitu 2 validator ahli materi yang memperoleh skor 96,6% dan 1 validator ahli media yang memperoleh skor 98,6% yang menunjukkan bahwa media yang peneliti buat valid bisa digunakan untuk uji coba, dan 2) Efektivitas media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa dilakukan melalui uji N Gain dengan menggunakan hasil post test dan pre test yang memperoleh skor 81,5% dengan kategori efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa setelah menggunakan video interaktif mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Susi Ulfanida |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 08:34 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 08:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10674 |
Actions (login required)
View Item |