Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Metakognisi Peserta Didik Kelas V Di SDN Banjaran 3 Kota Kediri

Ayuningtyas, Dyah (2023) Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Metakognisi Peserta Didik Kelas V Di SDN Banjaran 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932606519_prabab.pdf

Download (705kB)
[img] Text
932606519_bab1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932606519_bab2.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932606519_bab3.pdf

Download (106kB)
[img] Text
932606519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
932606519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
932606519_bab6.pdf

Download (9kB)
[img] Text
932606519_daftarpustaka.pdf

Download (89kB)

Abstract

Literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah matematika terkait masalah kehidupan sehari-hari. Namun, pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang memiliki kemampuan lierasi numerasi yang rendah. Menurut wali kelas V di SDN Banjaran 3 Kota Kediri, rendahnya kemampuan literasi numerasi yang dimiliki peserta didik disebabkan oleh rendahnya tingkat pemahaman serta literasi peserta didik dalam memahami materi matematika yang dipaparkan oleh pendidik selama kegiatan pembelajaran. Rendahnya pemahaman peserta didik dalam memahami soal mengakibatkan kemampuan metakognisi yang dimiliki peserta didik menjadi kurang berkembang secara optimal . Sehingga, dalam ketika mengerjakan soal matematika yang berbasis literasi numerasi banyak peserta didik yang kesulitan mengerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) kemampuan Literasi Numerasi peserta didik di kelas V SDN Banjaran 3 Kota Kediri, (2) kemampuan Metakognisi peserta didik di kelas V SDN Banjaran 3 Kota Kediri (3) hubungan kemampuan Literasi Numerasi terhadap kemampuan Metakognisi peserta didik di kelas V SDN Banjaran 3 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Banjaran 3 Kota Kediri dengan jumlah peserta didik 32 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sample Saturated sampling. Pengambilan sampel sebanyak 32 siswa. Variabel yang dikaji pada penelitian ini adalah kemampuan literasi numerasi, kemampuan metakognisi dan hubungan kemampuan literasi numerasi terhadap kemampuan metakognisi. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi. Hasil perhitungan uji analisis data dan hipotesisi yang diajukan antara lain (1) Kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V SDN Banjaran 3 tergolong rendah dengan nilai rata-rata 65 (2) Kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas V SDN Banjaran 3 tergolong sedang dengan nilai rata-rata 70, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi numerasi dengan kemampuan metakognisi peserta didik kelas V SDN Banjaran 3 Kota Kediri, hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara rhitung dengan rtabel sebesar 0,699 > 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat korelasi kedua variabel tersebut kuat. Kata Kunci : Hubungan, Kemampuan Literasi Numerasi, Kemampuan Metakognisi

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DYAH AYUNINGTYAS
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:18
Last Modified: 06 Nov 2023 06:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10672

Actions (login required)

View Item View Item