Pengembangan Media Interaktif Aksara Jawa Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Brlajar Siswa Kelas 3 Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri

Wulandari, Refi (2023) Pengembangan Media Interaktif Aksara Jawa Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Brlajar Siswa Kelas 3 Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932608019_prabab.pdf

Download (595kB)
[img] Text
932608019_bab1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
932608019_bab2.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932608019_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
932608019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932608019_bab5.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932608019_daftarpustaka.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.doc

Download (145kB)

Abstract

Pembelajaran menggunakan media cetak, membuat pembelajaran menjadi monoton karena media pembelajaran buku cetak yang dilakukan sehari-hari. membuat sebagian siswa tidak memperhatikan dan ramai sendiri, hal tersebut akan berdampak pada nilai hasil belajar siswa. Adanya alat untuk mengembangkan media yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Dengan melakukan pengembangan media interaktif agar siswa tertarik untuk belajar dan memperhatikan awal pembelajaran sampai akhir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, kelayakan kepraktisan, dan keefektifan media interaktif berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas 3. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (RnD), dengan model penelitian ADDIE, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam 00 penelitian ini yaitu Lembar validasi, Kuesioner/ angket, dan nilai hasil belajar siswa. Pada intsrumen di atas hasil validasi oleh ahli yaitu pada ahli media 1 memperoleh 80,00% ahli media 2 memproleh 86,66%. Ahli materi 1 memperoleh 90,66 % dan ahli materi 2 memperoleh 82,66% maka masing-masing dari validator, sudah dalam kategori layak dan sangat layak. Dari hasil penilaian kuesioner diperoleh presentase skala kecil 96,17% dan skala besar 88,27% tergolong dalam kategori sangat layak. Sedangkan berdasarkan nilai siswa memperoleh presentase 80% skala kecil, dan 95% skala besar tergolong dalam kategori sangat tinggi, maka media ini dapat dikatakan efektf.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: REFI WULANDARI
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:34
Last Modified: 02 Nov 2023 08:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item