Rachma, Auliya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Smart Bag Pada Materi Perubahan bentuk Energi Mata Pelajaran IPA untuk meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV MI Atta'awun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932600519_prabab.pdf Download (762kB) |
|
Text
932600519_bab1.pdf Download (399kB) |
|
Text
932600519_bab2.pdf Download (130kB) |
|
Text
932600519_bab3.pdf Download (244kB) |
|
Text
932600519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932600519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
Text
932600519_daftarpustaka.pdf Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK AULIYA RACHMA, Dosen pembimbing Dr. Ibrahim Bin Sa’id, M.Si dan Sheila Fakhria, M.H., Pengembangan Media Pembelajaran smart bag pada Materi Perubahan Bentuk Energi Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas 4 MI Atta’awun Tugurejo, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Pengembangan Media Smart Bag, Materi perubahan bentuk energi, Hasil belajar Penelitian didasari karena kurangnya media pembelajaran yang ada di sekolah, kurangnya variasi pendidik dalam menyampaika materi pembelajaran, dan peserta didik masih banyak yang pasif saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu peneliti berupaya untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yang baru yaitu media pembelajaran smart bag. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media sekaligus menguji kelayakan media pembelajaran kemudian untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Atta’awun Tugurejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). untuk model pengembangan ini yang dipakai ialah ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, and Evaluation). Instrument dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, instrument ahli media dan instrument ahli materi. Sebelum media pembelajaran ini dilakukan uji coba, peneliti menguji kelayakan media melalui instrument validasi media dan instrument validasi materi. (1) Hasil validasi ahli media mendapatkan presentase kelayakan sebesar 86% yang sudah dinyatakan layak untuk digunakan oleh ahlinya. Sedangkan ahli materi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 95% yang dinyatakan bahwa materi sangat layak di uji coba kan. (2) Hasil uji coba lapangan media yang diberikan kepada seluruh anak kelas IV MI Atta’awun dengan rata-rata nilai pretest sebesar 59,29 dan nilai postest 88,16. Dengan demikian, hasil postest atau setelah penggunaan media lebih tinggi daripada hasil pretest sehingga media pembelajaran smart bag dinyatakan sangat layak untuk digunakan. (3) Hasil uji coba menggunakan uji-t paired sample test. Diketahui bahwa t-hitung adalah - 28,875 dengan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum penggunaan media dengan hasil belajar setelah penggunaan media smart bag
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | AULIYA RACHMA |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 04:01 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 04:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10663 |
Actions (login required)
View Item |