Caspirosi, Loris (2023) Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Ditinjau Dari Manajemen Syariah (Studi Kasus Di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934202919_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
934202919_BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
934202919_BAB II.pdf Download (510kB) |
|
Text
934202919_BAB III.pdf Download (33kB) |
|
Text
934202919_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
Text
934202919_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
Text
934202919_BAB VI.pdf Download (11kB) |
|
Text
934202919_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
Text
934202919_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi Loris.pdf Download (180kB) |
Abstract
Perkembangan lembaga keuangan syariah non bank yang terus menunjukkan sebuah kenaikan yang signifikan membuat persaingan semakin ketat. Salah satu lembaga yang keberadaannya mulai diminati adalah asuransi syariah. Dimana dalam menjalankan usahanya asuransi syariah harus menjaga loyalitas nasabah agar dapat memenangkan persaingan bisnis. PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri merupakan contoh perusahaan asuransi syariah yang dalam hal loyalitas nasabah memiliki nasabah yang cukup loyal. Selain itu sebagai lembaga keuangan yang berlandaskan prinsip Islam penerapan manajemen syariah sendiri perlu dilakukan dalam memberikan strategi pelayanan agar tercapai loyalitas nasabah dan sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pelayanan dalam meningkatkan loyalitas nasabah ditinjau dari manajemen syariah di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Peneliti melakukan analisis data menggunakan reduksi, penyajian dan penyimpulan data. Untuk mengecek mengenai keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan penelitian, dan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri dalam memberikan pelayanan adalah dengan strategi pendekatan kekeluargaan, dimana pendekatan yang dilakukan adalah menjaga kedekatan dengan para nasabah. Apabila dilihat dari lima indikator pelayanan yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik, maka dari empat indikator telah dilaksanakan. Akan tetapi pada indikator bukti fisik masih ada kekuranagan yang belum sesuai yaitu pada gedung dan sarana yang diberikan. Penerapan manajemen syariah di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri pada prinsip keadilan yaitu pada pendekataan kekeluargaan itu sendiri. Kemudian untuk prinsip komunikatif terletak pada penerapan budaya speaking, listening, dan looking. Sedangkan untuk prinsip amanah dan pertanggungjawaban yaitu pada keterbukaan pihak asuransi dan segala tanggungjawab atas dana nasabah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020304 Insurance (Asuransi; incl. Asuransi Syariah) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Loris Caspirosi |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 06:32 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 07:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10655 |
Actions (login required)
View Item |