Fajrin, Nur Laili (2023) Implementasi Proyek Kewirausahaan Pada Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Keterampilan Entpreneurship Peserta Didik Di SMP PGRI 1 Kediri(Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932402119_prabab.pdf Download (870kB) |
|
Text
932402119_bab1.pdf Download (208kB) |
|
Text
932402119_bab2.pdf Download (218kB) |
|
Text
932402119_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text
932402119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
Text
932402119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
932402119_bab6.pdf Download (14kB) |
|
Text
932402119_daftar_pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
932402119_sp.pdf Download (111kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan pemulihan pembelajaran akibat dari wabah Covid-19, Kurikulum Merdeka berfokus pada kebebasan dan pemikiran kreatif peserta didik. Adapun ciri khusus dari Kurikulum Merdeka yakni penanaman pendidikan karakter melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila salah satunya dengan tema kewirausahaan. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan ada beberapa tahap yaitu: a.) tahap kesiapan sekolah atau pelatihan terkait perencanaan penerapan Kurikulum Merdeka b.) mengidentifikasi tema dan menentukan tema yang sudah ditentukan c.) menentukan alokasi waktu d.) pembuatan modul projek yang bersifat fleksibel. 2) pengorganisasian ada beberapa jenis yakni a) pengorganisasian secara umum b) pengorganisasian per projek 3) Pelaksanaan ada beberapa tahap yaitu, a.) Apersepsi, tahapan pengenalan tentang topik projek yang akan dilaksanakan, b.) Literasi, siswa menggali informasi dengan cara literasi melalui media elektronik tentang topik yang terkait, c.) Aksi, peserta didik diberi kesempatan untuk membuat produk yang akan dijual dan menyusun penjualan, d.) Presentasi, siswa memulai mempresentasikan dan mempromosikan hasil produk dari setiap tim. 4) Pengawasan ada beberapa tahap yaitu, a.) Assessmen diagnostik dilaksanakan di awal masuk dulu waktu MPLS atau MOS, b.) assessment formatif dilakukan guru selama proses pembelajaran c.) assessment sumatif dilakukan setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan, d.) Penilaian produk, dilakukan untuk mengetahui tingkat kreativitas peserta didik, e.) Refleksi peserta didik, dilaksanakan untuk mengetahui hal-hal yang dialami atau didapatkan peserta didik selama pelaksanaan Proyek
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | NUR LAILI FAJRIN |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 04:22 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 04:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10633 |
Actions (login required)
View Item |