Aprilia, Elsa Maya (2023) Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (Pada Home Industry Keripik Tempe A-Syifa Di Desa Manisrenggo Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934109419_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
934109419_bab1.pdf Download (655kB) |
|
Text
934109419_bab2.pdf Download (458kB) |
|
Text
934109419_bab3.pdf Download (218kB) |
|
Text
934109419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
|
Text
934109419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text
934109419_bab6.pdf Download (205kB) |
|
Text
934109419_daftarpustaka.pdf Download (423kB) |
|
Text
934109419_sp.pdf Download (381kB) |
Abstract
Bauran pemasaran merupakan suatu konsep mengenai apa yang harus dilakukan perusahaan untuk menciptakan strategi pembeda dengan produk lain. Bauran pemasaran mencakup strategi produk, strategi promosi, penentuan harga, dan tempat yang berjalan secara bersamaan dan setiap bagiannya tidak bisa berjalan sendiri tanpa ada bagian lain yang mendukungnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan di home industry keripik tempe A-Syifa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Home industry keripik tempe A- Syifa sudah menerapkan strategi bauran pemasaran yang tepat dengan selalu melakukan inovasi rasa, kemasan dan mempertahankan kualitas produknya, harga yang ditetapkan cukup terjangkau, selalu memperluas pemasaran dengan mendistribusikan produk ke tempat yang mudah dijangkau konsumen, dan rajin promosi baik promosi offlline maupun promosi online. 2) Peran strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan penjualan di home industry keripik tempe A-Syifa yaitu dengan melakukan pengembangan strategi bauran pemasaran yang sudah ada supaya lebih optimal dalam meningkatkan penjualan produk, hal tersebut dibuktikan dengan data yang menunjukkan bahwa pada tahun 2019 rata-rata omset per tahun sebesar Rp.316.000.000 dan pada tahun 2020 rata-rata omset penjualan mengalami penurunan menjadi Rp.291.600.000. Dengan adanya pandemi juga membuat perusahaan berfikir untuk melakukan perbaikan serta mengembangkan strategi bauran pemasaran yang sudah ada, buktinya pada awal tahun 2021 rata-rata omset per tahunnya naik menjadi Rp.417.600.000 dan pada tahun 2022 rata-rata omset penjualan juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu menjadi Rp.622.080.000.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | ELSA MAYA APRILIA |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 02:37 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 02:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10595 |
Actions (login required)
View Item |