Aini, Risa Hurul (2023) Peran Musyrifah Dalam Meningkatkan Self-Efficacy Mahasantri Di Pusat Ma'had Darul Hikmah Iain Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932130719_prabab.pdf Download (796kB) |
|
Text
932130719_bab1.pdf Download (531kB) |
|
Text
932130719_bab2.pdf Download (583kB) |
|
Text
932130719_bab3.pdf Download (447kB) |
|
Text
932130719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
Text
932130719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Text
932130719_bab6.pdf Download (289kB) |
|
Text
932130719_daftarpustaka.pdf Download (408kB) |
Abstract
ABSTRAK Risa Hurul Aini, dosen Pembimbing Dr. Kadi, M.Pd.I dan Dr. M. Alim Khoiri, S.HI, M.Sy. Peran Musyrifah Dalam Meningkatkan Self-efficacy Mahasantri di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Kata Kunci: Musyrifah, Self-efficacy Seseorang dengan self-efficacy tinggi ketika menghadapi persoalan akan mampu mengatasinya dengan usaha dan keyakinannya. Peran orang lain dapat mempengaruhi seberapa besar self-efficacy seseorang. Peran dari orang lain dianggap berarti yang dapat berpengaruh pada perkembangan individu yakni dukungan sosial. Pengaruh kehadiran musyrifah sangat besar bagi peningkatan kemampuan mahasantri di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui upaya yang dilakukan musyrifah dalam meningkatkan self-efficacy mahasantri di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri; 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran musyrifah dalam meningkatkan self-efficacy mahasantri di Pusat Ma’had AlJami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan dan analisis datanya berhubungan dengan suatu kasus atau masalah, baik berkaitan dengan individu atau kelompok. Teknik yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian ini yaitu: 1) Self-efficacy mahasantri di Pusat Ma’had AlJami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri ditingkatkan dengan melakukan pendampingan secara berkala kepada mahasantri, memberikan motivasi, dan memberikan contoh tindakan secara langsung. Melalui upaya tersebut, maka peran musyrifah dapat meningkatkan self-efficacy mahasantri di Pusat Ma’had AlJami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri; 2) Faktor pendukung pada peran musyrifah dalam meningkatkan self-efficacy mahasantri di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri yakni karena adanya dorongan niat dan komitmen musyrifah, rasa tanggung jawab, intensitas ruang dan waktu. Adapun faktor penghambatnya yakni karakteristik mahasantri yang berbeda-beda, lingkungan serta kurangnya kesadaran mahasantri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Risa Hurul Aini |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 03:05 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 03:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10536 |
Actions (login required)
View Item |