Ainiyah, Sinta Nur (2023) Implementasi Program Tazkiyatun Nafs Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMPN 2 Tarik Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932136019_prabab.pdf Download (680kB) |
|
Text
932136019_bab1.pdf Download (263kB) |
|
Text
932136019_bab2.pdf Download (306kB) |
|
Text
932136019_bab3.pdf Download (121kB) |
|
Text
932136019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
|
Text
932136019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
932136019_bab6.pdf Download (124kB) |
|
Text
932136019_daftarpustaka.pdf Download (163kB) |
|
Text
932136019_suratpernyataan.pdf Download (131kB) |
Abstract
Sekolah sebagai salah satu lembaga formal yang mengemban tekad dan tujuan Pendidikan diharapkan mampu memberikan sumbangsih dalam membangun peradaban bangsa. Di antara upaya yang dapat dilakukan sekolah untuk membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan berbudi luhur adalah dengan program tazkiyatun nafs yang diharapkan mampu membentuk karakter religius pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1. perencanaan sarana tazkiyatun nafs yang digunakan di SMPN 2 Tarik Sidoarjo, 2. Strategi dalam pelaksanaan sarana tazkiyatun nafs sebagai pembentukan karakter religius siswa SMPN 2 Tarik Sidoarjo, 3. Karakter religius siwa yang terbentuk dari proses tazkiyatun nafs di SMPN 2 Tarik Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus, yaitu peneliti hanya memfokuskan penelitian pada satu fenomena saja yakni implementasi program tazkiyatun nafs yang digunakan di SMPN 2 Tarik Sidoarjo. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1. Perencanaan sarana tazkiyatun nafs di SMPN 2 Tarik Sidoarjo disusun berdasarkan konsep kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan, 2. Strategi dalam pelaksanaan sarana tazkiyatun nafs ada 4 diantaranya yaitu komunikasi yang baik kepada peserta didik, memberi keteladanan pada peserta didik, mendidik siswa melalui pembiasaan, mengambil hikmah dari sebuah cerita. Adapun strategi tersebut digunakan untuk melaksanakan sarana tazkiyatun nafs, diantaranya berdo’a sebelum dan sesudah proses pembelajaran, shlat dhuha berjamaah, sholat dhuhur dan Jum’at berjamaah, infak, istighosah atau tahlil, remaja musholla, memperingati hari besar Islam (PHBI), 3. Karakter religius yang terbentuk dari proses tazkiyatun nafs yaitu taat kepada Allah, sikap toleransi, dan bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sinta Nur Ainiyah |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 03:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 03:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10534 |
Actions (login required)
View Item |