Pengembangan aplikasi amazing of nganjuk berbasis etnomatematika pada materi bangun datar kelas IV SDI Khadijah Sukorejo Loceret

Tanti, Yusi Krisma (2023) Pengembangan aplikasi amazing of nganjuk berbasis etnomatematika pada materi bangun datar kelas IV SDI Khadijah Sukorejo Loceret. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609119_prabab.pdf

Download (776kB)
[img] Text
932609119_bab1.pdf

Download (353kB)
[img] Text
932609119_bab2.pdf

Download (674kB)
[img] Text
932609119_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
932609119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932609119_bab5.pdf

Download (241kB)
[img] Text
932609119_daftarpustaka.pdf

Download (337kB)

Abstract

Yusi Krisma Tanti, Dosen Pembimbing Choirul Annnisa, M.Pd dan Puspoko Ponco Ratno, M.T., Pengembangan Aplikasi Amazing Of Nganjuk Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDI Khadijah Sukorejo Loceret, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023 Kata Kunci : Aplikasi, Etnomatematika, Bangun Datar Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu pendidik belum pernah menggunakan media pembelajaran matematika berbasis budaya, pada saat pembelajaran matematika hanya terfokus pada materi tanpa ada integrasi dengan budaya dan kurangnya pengetahuan peserta didik tentang budaya yang ada di Kabupaten Nganjuk. Pembelajaran matematika materi bangun datar akan lebih meningkatkan pemahaman peserta didik jika dituangkan dalam bentuk visual. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui etnomatematika pada budaya Nganjuk, pengembangan dan tingkat kelayakan aplikasi Amazing of Nganjuk berbasis etnomatematika pada materi bangun datar kelas IV SDI Khadijah Sukorejo Loceret. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model Alessi dan Trollip yang terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan (planning), desain (design) dan pengembangan (development). Penelitian dilakukan untuk memperoleh data mengenai etnomatematika pada budaya Nganjuk, sedangkan pengembangan dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi android berbasis etnomatematika. Instrumen dalam penelitian ini meliputi wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Uji coba produk dilakukan melalui uji alpha dan uji beta. Uji alpha dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pendidikan. Adapun uji beta dilakukan oleh peserta didik kelas IV SDI Khadijah Sukorejo Loceret. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah aplikasi android berbasis etnomatematika. Unsur etnomatematika dalam penelitian ini yaitu tugu Jayastamba, wayang timplong, gamelan gender dan demung. Produk aplikasi android yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Hasil validasi media dan materi menunjukkan tingkat presentase rata-rata kelayakan sebesar 96 % dan 93,75 % dengan kategori sangat layak untuk digunakan pada uji beta. Pada validasi angket tanggapan peserta didik oleh ahli pendidikan menunjukkan tingkat presentase kelayakan sebesar 92 % dengan kategori sangat layak. Selanjutnya pada uji beta memperoleh rata-rata presentase sebesar 97 % dengan kategori peserta didik kelas IV SDI Khadijah sangat setuju dengan penggunaan aplikasi Amazing of Nganjuk pada pembelajaran matematika materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Depositing User: Yusi Krisma Tanti
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:13
Last Modified: 19 Oct 2023 08:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10516

Actions (login required)

View Item View Item