Analisis Ekologi Media Pada Akun Twitter “Nct Base” Yang Mengalami Panic Buying Produk Bundling “Somethinc X Nct Dream”

Agatha, Faradila Virginia (2023) Analisis Ekologi Media Pada Akun Twitter “Nct Base” Yang Mengalami Panic Buying Produk Bundling “Somethinc X Nct Dream”. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933514219_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933514219_bab1.pdf

Download (297kB)
[img] Text
933514219_bab2.pdf

Download (271kB)
[img] Text
933514219_bab3.pdf

Download (170kB)
[img] Text
933514219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
933514219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
933514219_bab6.pdf

Download (78kB)
[img] Text
933514219_daftar_pustaka.pdf

Download (223kB)
[img] Text
933514219_Sp.pdf

Download (421kB)

Abstract

Akibat dari adanya kepanikan yang menjadikan penggemar yang berlomba-lomba untuk membeli produk bundling fenomena ini dikatakan sebagai panic buying. Panic buying terjadi ketika pelanggan membeli barang dalam jumlah besar yang tidak biasa sebelum kenaikan harga yang signifikan atau kekurangan pasokan. Panic buying adalah perilaku kawanan yang tidak diinginkan secara sosial ketika kebutuhan sehari-hari dan pasokan dalam jumlah besar dibeli dari pasar, perbuatan tersebut sering mengakibatkan situasi kehabisan stok. Pada penelitian kali ini penulis menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif. Perilaku panic buying kpopers dalam pembelian produk bundling somethinc adanya interaksi media sosial, terpaan promotion selling, keputusan membeli produk, dan adanya flexing di media sosial. Faktor-faktor penyebab kpopers menjadi panic buying diantaranya adalah terjadinya kelangkaan, stok terbatas, menipisnya ketersediaan, dan adanya rasa takut kehabisan oleh para penggemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku panic buying kpopers dalam pembelian produk bundling somethinc dikarenakan adanya budaya fanbase, kompetisi di antara penggemar dan faktor-faktor penyebab kpopers menjadi panic buying adalah sifat fanatisme mereka yang berkeinginan untuk mendukung idola mereka dan diakui sebagai penggemar yang setia selalu mendukung idola mereka, namun tidak dipungkiri bahwa peran media sosial yang memicu interaksi mereka menjadi faktor mereka panic buying.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Varadila Virginia Agatha
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:11
Last Modified: 08 Dec 2023 02:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10443

Actions (login required)

View Item View Item