Agatha, Faradila Virginia (2023) Analisis Ekologi Media Pada Akun Twitter “Nct Base” Yang Mengalami Panic Buying Produk Bundling “Somethinc X Nct Dream”. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933514219_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933514219_bab1.pdf Download (297kB) |
|
Text
933514219_bab2.pdf Download (271kB) |
|
Text
933514219_bab3.pdf Download (170kB) |
|
Text
933514219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
Text
933514219_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
Text
933514219_bab6.pdf Download (78kB) |
|
Text
933514219_daftar_pustaka.pdf Download (223kB) |
|
Text
933514219_Sp.pdf Download (421kB) |
Abstract
Akibat dari adanya kepanikan yang menjadikan penggemar yang berlomba-lomba untuk membeli produk bundling fenomena ini dikatakan sebagai panic buying. Panic buying terjadi ketika pelanggan membeli barang dalam jumlah besar yang tidak biasa sebelum kenaikan harga yang signifikan atau kekurangan pasokan. Panic buying adalah perilaku kawanan yang tidak diinginkan secara sosial ketika kebutuhan sehari-hari dan pasokan dalam jumlah besar dibeli dari pasar, perbuatan tersebut sering mengakibatkan situasi kehabisan stok. Pada penelitian kali ini penulis menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif. Perilaku panic buying kpopers dalam pembelian produk bundling somethinc adanya interaksi media sosial, terpaan promotion selling, keputusan membeli produk, dan adanya flexing di media sosial. Faktor-faktor penyebab kpopers menjadi panic buying diantaranya adalah terjadinya kelangkaan, stok terbatas, menipisnya ketersediaan, dan adanya rasa takut kehabisan oleh para penggemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku panic buying kpopers dalam pembelian produk bundling somethinc dikarenakan adanya budaya fanbase, kompetisi di antara penggemar dan faktor-faktor penyebab kpopers menjadi panic buying adalah sifat fanatisme mereka yang berkeinginan untuk mendukung idola mereka dan diakui sebagai penggemar yang setia selalu mendukung idola mereka, namun tidak dipungkiri bahwa peran media sosial yang memicu interaksi mereka menjadi faktor mereka panic buying.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Varadila Virginia Agatha |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 07:11 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 02:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10443 |
Actions (login required)
View Item |