Peran Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Peserta Kursus di Lembaga Hakim Learning Center Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

VAQRUNISA, ANNY (2019) Peran Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Peserta Kursus di Lembaga Hakim Learning Center Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931353715 prabab.pdf

Download (535kB)
[img] Text
931353715 1-3.pdf

Download (480kB)
[img] Text
931353715 4-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
931353715 6-dp.pdf

Download (179kB)
[img] Text
931353715 lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya lembaga di kampung Inggris menandakan terjadinya persaingan antara lembaga. Setiap lembaga merlomba-lomba memenangkan persaingan dengan berbagai cara dengan mementingkan keuntungan dan menghiraukan nilai kejujuran serta unsur pendidikan untuk meningkatkan jumlah peserta kursus. Melihat fenomena tersebut, dilakukan penelitian di lembaga Hakim Learning Center Desa Tulungrejo Kecamatan Pare. Jumlah Peserta Kursus di lembaga tersebut mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis peran strategi terhadap peningkatan jumlah peserta kursus ditinjau dari syariah marketing dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah peserta kursus di lembaga Hakim Learning Center Desa Tulungrejo Kec. Pare, (2) Bagaimana peran strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah peserta kursus ditinjau dari syariah marketing di lembaga Hakim Learning Center Desa Tulungrejo Kec. Pare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian kualitatif adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategi pemasaran berperan penting bagi lembaga Hakim Learning Center Desa Tulungrejo Kec. Pare untuk meningkatkan jumlah peserta kursus. Strategi pemasaran yang sangat berperan meliputi segmentation, targeting, positioning, product, price, promotion, people. Dibuktikan dengan kenaikan jumlah peserta kursus pada 3 tahun terakhir dengan kenaikan yang signifikan sebesar 300-350 orang, tetapi terdapat penurunan ditahun 2015 sebesar 200 orang yang disebabkan oleh kesalahan dalam target pasar yang dituju. Setelah ditinjau dari syariah marketing di lembaga Hakim Learning Center sudah dijalankan sesuai dengan syariah marketing meskipun belum sepenuhnya. Unsur yang belum sesuai dengan syariah marketing yaitu nilai realistis (Al-waqi’iyyah) dalam aspek harga dan tempat di lembaga Hakim Learning Center. Sedangkan unsur yang sudah sesuai dengan syariah marketing yaitu nilai teistis (Rabbaniyyah), etis (Akhlaqiyyah), dan humanistis (Insaniyyah). Berdasarkan penerapan syariah marketing memberikan dorongan untuk meningkatkan jumlah peserta kursus di lembaga Hakim Learning Center.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:00
Last Modified: 13 Oct 2023 08:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10429

Actions (login required)

View Item View Item