Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri Mojoagung

Fikriya, Erdina Zamrotul (2021) Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri Mojoagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN kEDIRI.

[img] Text
932119317_prabab.pdf

Download (641kB)
[img] Text
932119317_bab1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
932119317_bab2.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932119317_bab3.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932119317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
932119317_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
932119317_bab6.pdf

Download (93kB)
[img] Text
932119317_daftar _pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (111kB)

Abstract

ERDINA ZAMROTUL FIKRIYA, Dosen Pembimbing Dr. H. Ali Anwar, M.Ag, dan Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd.Pengaruh Keaktifan siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri Mojoagung, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Pengaruh, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran di SMA Negeri Mojoagung dan juga tentang pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri Mojogung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Mojoagung. Penentuan sampel menggunakan teori dari Arikunto yang menyatakan bahwa jika subjek kurang dari 100, lebih baik diambil semua. Didapatkan populasi sebesar 80 karena dari tiga kelas jumlahnya kurang dari 100. Teknik pengumpulan data menggukan angket, observasi dan wawancara. Dalam membuktikan dan menganalisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam termasuk kategori tinggi dengan hasil rata-rata (mean) 64.05. (2) Ada pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pendidikan agama islam diperoleh nilai t hitung = 8,019 > 0,219 = t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erdina Zamrotul Fikriya
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:00
Last Modified: 12 Oct 2023 09:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10415

Actions (login required)

View Item View Item