Pengaruh kualitas pelayanan elektronik terhadap kepuasan konsumen di marketplace Shopee (Studi pada mahasantri Pesantren Pelajar Al-fath Kelurahan Rejomulyo Kota Kediri)

Anisah, Ellah Nia Fitri (2023) Pengaruh kualitas pelayanan elektronik terhadap kepuasan konsumen di marketplace Shopee (Studi pada mahasantri Pesantren Pelajar Al-fath Kelurahan Rejomulyo Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931328318_ prabab.pdf

Download (374kB)
[img] Text
931328318_bab1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
931328318_bab2.pdf

Download (139kB)
[img] Text
931328318_bab3.pdf

Download (199kB)
[img] Text
931328318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
931328318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
931328318_bab6.pdf

Download (101kB)
[img] Text
931328318_daftar_pustaka.pdf

Download (114kB)
[img] Text
931328318_LembarPernyataan.pdf

Download (110kB)

Abstract

ELLAH NIA FITRI ANISAH. Dosen Pembimbing I Dijan Novia Saka, SE, M.M. Dosen Pembimbing II Dr. Muhammad Wildan Fawa’id, M.EI.: Pengaruh Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen Marketplace Shopee (Studi pada Mahasantri Pesantren Pelajar Al Fath Kelurahan Rejomulyo Kota Kediri) Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pengguna internet di Indonesia membuat semua bisa dilakukan memalui internet tak tekecuali dalam melakukan belanja online melalui internet yaitu dinamankan marketplace. Dari banyaknya pengguna marketplace kaum milenial yang bamyak menggunakan marketplace yaitu setara mahasantri. Setelah melakukan observasi pada beberapa pondok pesantren di Rejomulyo Kota Kediri, Mahasantri Al Fath merupakan yang terbanyak melakukan penggunaan marketplace dan marketplace yang sering kali digunakan yaitu shopee. Sehingga hal ini menarik peneliti untuk mengkaji lebih dalam faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen marketplace shopee di Pondok Pesantren pelajar Al Fath. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dan sampel penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan marketplace Shopee di Pondok Pesantren Pelajar Al Fath. Teknik pengambilan sampel dengan non probability sampling dengan kriteria pengguna shopee yang melakukan pembelian lebih dari 2 kali pembelian. jumlah sampel dalam penelitian ini 109 orang. Hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan eletronik di marketplace shopee berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan hasil uji t menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t table yaitu 14,954 > 1,9819. Sehingga dapat disimpulakan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. hal ini juga dilihat dari hasil uji determinasi yang menunjukan nilai determinasi 0,670 sehingga terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan elektronik dengan kepuasan konsumen marketplace shopee di Pondok Pesantren Pelajar Al Fath dengan nilai kepuasan 67% dan sisanya 33% dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, dan promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Ellah Nia Fitri Anisah
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:05
Last Modified: 12 Oct 2023 04:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item