Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kendang Jimbe (Studi pada Konsumen dalam Negeri CV Sicash Makmor Kota Blitar)

Choiriyah, Khizanatul (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kendang Jimbe (Studi pada Konsumen dalam Negeri CV Sicash Makmor Kota Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931336814 prabab.pdf

Download (480kB)
[img] Text
931336814 bab 1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
931336814 bab 2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
931336814 bab 3.pdf

Download (237kB)
[img] Text
931336814 bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
931336814 bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
931336814 bab 6.pdf

Download (34kB)
[img] Text
931336814 daftar pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstract

Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap persepsi konsumen yang berperan menciptakan kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan merupakan suatu penilaian terhadap pelanggan dengan hasil kinerja pelayanan. Kualitas pelayanan menjadi suatu keharusan yang harus dilakukan perusahaan atau lembaga supaya mampu bertahan dan tetap mendapatkan kepercayaan pelanggan. Sedangkan kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan dengan harapan. CV Sicash Makmor merupakan salah satu Usaha dagang terbesar di Indonesia yang memproduki kendang, sedangkan CV Sicash Makmor sendiri sudah berusia 63 tahun, tentunya sudah memiliki pengalaman dan sepak terjang dengan konsumen terutama bidang kualitas pelayanan. Berangkat dari konteks ini, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana kualitas pelayanan konsumen kendang jimbe dalam negeri di CV Sicash Makmor. Mengetahui bagaimana kepuasan konsumen kendang jimbe dalam negeri di CV Sicash Makmor, serta ingin mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kendang jimbe dalam negeri di CV Sicash Makmor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan pada 160 konsumen yang melakukan pembelian pada tahun 2017. Analisis dilakukan dengan cara pengujian validitas dan realibilitas, normalitas, deskriptif, asumsi klasik, heteroskedastisitas, korelasi, regresi, dan uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X) dan variabel kepuasan konsumen (Y) valid dan reliabel. Tidak terdapat masalah klasik. Hasil uji kolerasi terdapat hubungan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen sebesar 0,814 dengan rumus regresi diperoleh persamaan Y = 12,210 + 0,720 X. Kesimpulanya Ha diterima artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kendang jimbe dalam negeri di CV Sicash Makmor. Kepuasan konsumen kendang jimbe dalam negeri di CV Sicash Makmor dalam katagori cukup serta memenuhi kriteria konsumen yang puas yakni kemudahan memperoleh jasa dan merekomendasikan kepada pihak lain. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan sebesar 66,3% terhadap kepuasan konsumen kendang jimbe dalam negeri pada CV Sicash Makmor. Sedangkan sisanya 33,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan oleh variabel bebas. Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan tidak hanya kualitas pelayanan semata, tetapi juga kualitas produk, emosi, harga dan biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:01
Last Modified: 11 Oct 2023 04:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item