Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Laundry Studi pada Apique Laundry Kediri

Dewi, Juliana Sita (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Laundry Studi pada Apique Laundry Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931329314 cover.pdf

Download (54kB)
[img] Text
931329314 ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
931329314 DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
931329314 bab 1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
931329314 bab 2.pdf

Download (476kB)
[img] Text
931329314 bab 3.pdf

Download (319kB)
[img] Text
931329314 bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
931329314 bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
931329314 bab 6.pdf

Download (126kB)
[img] Text
931329314 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Jasa laundry merupakan salah satu bentuk jasa yang sangat berkembang pesat di era sekarang. Salah satu laundry yang ada di Kota Kediri yaitu Apique Laundry Kediri yang berlokasi di Jalan KH. Wakhid Hasyim Bandar Lor Kediri yang memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan konsumen yang memunculkan kepuasan tersendiri bagi pelangganya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan Apique Laundry Kediri, untuk mengetahui kepuasan pelanggan Apique laundry Kediri dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Apique Laundry Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini tidak terhingga karena jumlah pelanggan yang datang tidak pasti setiap harinya dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling (pengambilan sampel secara acak). Instrumen penelitian menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data dilakukan dengan cara Uji Validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, korelasi, regresi linier sederhana, uji T dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel X (kualitas pelayanan) Apique Laundry Kediri dalam kategori cukup baik berdasarkan kategorisasi dengan nilai rata-rata (mean) 53,74 yang berada diantara skor 51,379 dan 56,101 sedangkan variabel Y (kepuasan) pelanggan Apique Laundry Kediri dalam kategori cukup baik berdasarkan kategorisasi nilai rata-rata (mean) 48,52 yang berada diantara skor 46,2375 dan 50,8025. Berdasarkan uji normalitas, penelitian ini berdistribusi normal dilihat dari hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov yaitu Asymp, Sig 0,468 > 0,05 (taraf signifikansi). Dari analisis Korelasi Pearson Product Moment mengemukakan bahwa nilai korelasi sebesar 0,651 yang terletak pada rentang interval koefisien antara 0,60 – 0,799 termasuk dalam kategori kuat. Sedangkan dari analisis menggunakan regresi sederhana menghasilkan model persamaan Y = 14,706 + 0,629X, dan berdasarkan analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai R2 sebesar 0,424 yang artinya variabel kualitas pelayanan mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan laundry sebesar 42,4%. Sedangkan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas atau diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas produk, harga faktor emosional serta biaya dan kemudahan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:26
Last Modified: 10 Oct 2023 06:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item