Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII D Di SMP Negeri 2 Kandat Kabupaten Kediri

Wibowo, Erik (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII D Di SMP Negeri 2 Kandat Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117819_prabab.pdf

Download (210kB)
[img] Text
932117819_bab 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932117819_bab 2.pdf

Download (582kB)
[img] Text
932117819_bab 3.pdf

Download (435kB)
[img] Text
932117819_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
932117819_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
932117819_bab 6.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932117819_daftarpustaka.pdf

Download (824kB)
[img] Text
932117819_suratpernyataan.pdf

Download (239kB)

Abstract

ABSTRAK ERIK WIBOWO, Dosen Pembimbing Dr. H. ANIS HUMAIDI, M.Ag dan ZAKIYATUS SOIMAH, M.HI, Peran Guru Pendidikan Islam Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas VIII D di SMP Negeri 2 Kandat Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: peran guru, akhlakul karimah, peserta didik Peran guru PAI sangat dibutuhkan dalam menanamkan akhlakul karimah pada diri peserta didik di SMPN 2 Kandat. Karena remaja yang baru masuk SMP (Sekolah Menengah Pertama) saat ini sangat memprihatinkan. Mereka menomor duakan akhlakul karimah dibandingkan dengan gaya, trend, kebebasan, dan kebahagiaan mereka semata. Namun guru PAI di SMPN 2 Kandat mampu mengatasi problem akademik tersebut. Hal ini membuat peneliti ingin mengetahui materi apa yang disampaikan guru PAI di SMPN 2 Kandat. Mengetahui bagaimana cara penyampaian materi guru PAI di SMPN 2 Kandat. Mengetahui bagaimana perubahan akhlak siswasiswi setelah disampaiakannya materi dengan metode yang digunakan guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri. Berdasarkan tempat, maka penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (field resech) yang artinya penulis turun langsung kelapangan untuk mencari data. Setelah mendapatkan data, peneliti akan mengkaji dan menganalisis data guna menemukan ilmu yang tersimpan didalamnya. Hasil penelitian yang dilaksanakan, penulis dapat menyimpulkan bahwa materi yang disampaikan oleh guru PAI SMPN 2 Kandat diambil dari buku paket K13 edisi revisi tahun 2017 dan kitab washoya. Metode yang digunakan oleh guru PAI di SMPN 2 Kandat menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan metode movie learning serta menggunakan metode bandongan untuk kitab washoya. Dari materi yang disampaikan dan metode yang digunakan menjadikan akhlak siswa-siswi di SMPN 2 Kandat menjadi siswa-siswi yang berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erik Wibowo
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:10
Last Modified: 16 Oct 2023 02:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item