Pengembangan Media Pembelajaran Counting Box untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Peserta Didik Kelas V MI Al Hikmah Ketami Kota Kediri

Arieska, Yuan Virga Septa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Counting Box untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Peserta Didik Kelas V MI Al Hikmah Ketami Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932608719_prabab.pdf

Download (545kB)
[img] Text
932608719_bab1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
932608719_bab2.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932608719_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
932609719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[img] Text
932608719_bab5.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932608719_daftarpustaka.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK YUAN VIRGA SEPTA ARIESKA, Dosen Pembimbing, Dr. Fartika Ifriqia, M. Pd dan Choirul Annisa, M. Pd, Pengembangan Media Pembelajaran Counting Box Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Peserta Didik Kelas V MI Al Hikmah Ketami Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci: Pengembangan, Media Counting Box, Pemahaman Peserta Didik Penelitian pengembangan ini dilakukan di MI Al Himah Ketami Kota Kediri, pengembangan media dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan pembelajaran yang belum memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran countig box, (2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran counting box , (3) Mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran counting box dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas V pada materi operasi hitung bilangan bulat. meningkatkan pemahaman peserta didik pada pelajaran Matematika materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE: sebagai dasar pelaksanaan pengembangan, model ini memiliki nilai 5 tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi (penerapan), dan evaluasi (penilaian). penelitiaan ini dilakukn dengan 2 tahap yaitu uji coba kecil sebanyak 7 peserta didik dan uji coba besar sebanyak 22 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, penyebaran angket, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti memperoleh hasil bahwa media pembelajaran counting box terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. (1) kelayakan media yang divalidasi oleh ahli media, memfokuskan penilaian dari segi desain dan kekurangan media, ahli media memberikan presentase pada 78% dan 96% yang artinya sangat layak untuk digunakan dengan catatan sesuai dengan revisi dan saran yang diberikan, (2) kelengkapan materi divalidasi oleh ahli materi, memfokuskan pada kelengkapan materi dan kesesuaian materi dengan media pembelajaran, ahli materi memberikan presentase 72% dan 92% yang artinya cukup valid dan layak digunakan sesuai dengan revisi dan saran, (3) kelayakan soal pretest dan postest dinilai oleh ahli matematikan ahli matematika memfokuskan kelayakan soal yang digunakan sebagai alat ukur pencapaian hasil penggunaan media pembelajaran, ahli matematika memberikan hasil presentase 96% terhadap soal pretest dan 100% terhadap soal postest yang artinya sangat layak digunakan sebagai alat ukur peningkatan pemahaman peserta didik, sedangkan hasil pretest uji kelompok kecil mendapatkan presentase 74% dan mengalami peningkatan pada hasil postest mencapai 97%, uji coba kelompok besar juga mengalami peningkatan, hasil pretest mendapatkan presentase 55% sedangkan hasil postest mencapai resentase 94%. Berdasarkan paparan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran counting box merupakan media yang cocok digunakan dalam pembelajaran Matematika pada tingkat kelas V dan dapat dikembangkan sesuai dengan problematika pembelajaran yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuan Virga Septa Arieska
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:54
Last Modified: 10 Oct 2023 08:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item View Item