Perilaku Produsen Batu Bata Merah Ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi di Dusun Kaloran Desa Kaloran Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk)

Dahniar, Nadhifah Alfianti (2019) Perilaku Produsen Batu Bata Merah Ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi di Dusun Kaloran Desa Kaloran Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931328214 PRA BAB.pdf

Download (385kB)
[img] Text
931328214 DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
931328214 Bab 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
931328214 Bab 2.pdf

Download (345kB)
[img] Text
931328214 Bab 3.pdf

Download (106kB)
[img] Text
931328214 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
931328214 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
931328214 BAB 6.pdf

Download (134kB)
[img] Text
931328214 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

Industri Batu Bata Merah merupakan mata pencaharian yang cukup menjanjikan bagi warga Dusun Kaloran. Hingga saat ini produsen batu bata merah di Dusun Kaloran mencapai angka 87,5% dari jumlah penduduk Dusun Kaloran. Seiring berkembangnya usaha mendorong produsen batu bata merah berusaha meminimalisir biaya produksi. Sosiologi Ekonomi Islam mengkaji penerapan�penerapan sistem ekonomi Islam disandingkan dengan nilai-nilai sosial yang ada di dalam masyarakat. Sosiologi ekonomi Islam berusaha mengkaji perilaku produsen batu bata merah yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku produsen batu bata merah Dusun Kaloran Desa Kaloran Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk dan untuk mengetahui perilaku produsen batu bata merah Dusun Kaloran Desa Kaloran Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulanan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pertama, perilaku produsen batu bata merah Dusun Kaloran sebagai berikut: (a) menggunakan campuran pada media pembakaran batu bata merah, (b) mencampur batu bata merah kualitas buruk dengan batu bata merah kualitas baik dalam penataan batu bata merah yang akan dijual, (c) melakukan pembakaran batu bata merah diantara pemukiman penduduk. Tindakan (a) dan (b) merupakan tindakan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal, karena produsen harus mengejar kuota penjualan, menekankan ongkos�ongkos, meningkatkan efisiensi dan bersaing. Tindakan ke (c) tergolong perilaku tradisional atau adat kebiasaan. Kedua, perilaku produsen batu bata merah ditinjau dari sosiologi ekonomi Islam dibagi menjadi 2, yaitu : (a) Interaksi yang mencerminkan kesadaran yang bercorak ilahiyyat (keimanan) dan insaniyyat (manusiawi) yang menjaga hablumminannas diantaranya: interaksi antara produsen dengan pemasok, interaksi antara pemilik usaha dengan pekerja, dan interaksi antara produsen dengan distributor. (b) Interaksi yang tidak mencerminkan konsep ilahiyyat (keimanan) dan insaniyyat (manusiawi) karena tidak menjaga hablumminannas diantaranya: interaksi antara produsen dengan konsumen, interaksi antara produsen dengan sesama produsen, dan interaksi antara produsen dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150306 Industrial Relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:34
Last Modified: 10 Oct 2023 01:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10346

Actions (login required)

View Item View Item