Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Perilaku Siswa Melalui Ekstrakurikuler Ketakwaan Di SMAN 4 Kediri

Amaliah, Fatmaria Dewi (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Perilaku Siswa Melalui Ekstrakurikuler Ketakwaan Di SMAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932126319_prabab.pdf

Download (831kB)
[img] Text
932126319_bab1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
932126319_bab2.pdf

Download (562kB)
[img] Text
932126319_bab3.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932126319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
932126319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932126319_bab6.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932126319_daftarpustaka.pdf

Download (300kB)
[img] Text
932126319_sp.pdf

Download (385kB)

Abstract

FATMARIA DEWI AMALIAH. Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. dan Dr. Ahmad Taufiq, S.Ag., M.Si., Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Perilaku Siswa melalui Ekstrakurikuler Ketakwaan di SMAN 4 Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023. Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Perilaku, Ekstrakurikuler. Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan nilai karena lebih banyak mengutamakan aspek nilai, baik nilai ketuhanan, maupun nilai kemanusiaan, nilai etika, dan nilai lainnya yang dapat ditanamkan atau ditumbuhkembangkan dalam diri siswa. Namun, saat ini banyak perilaku siswa yang tidak pantas dan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku di lembaga pendidikan dan norma agama. Hal ini terjadi karena kurangnya usaha internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di lembaga pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) proses menginternalisasikan nilai�nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan perilaku siswa melalui Ekstrakurikuler Ketakwaan di SMAN 4 Kediri, (2) faktor-faktor yang mendukung proses menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan perilaku siswa melalui Ekstrakurikuler Ketakwaan di SMAN 4 Kediri, dan (3) faktor-faktor yang menjadi kendala untuk menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan perilaku siswa melalui Ekstrakurikuler Ketakwaan di SMAN 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memperoleh sumber data dari kepala sekolah, waka kesiswaan, pembina Ekstrakurikuler Ketakwaan, dan anggota Ekstrakurikuler Ketakwaan kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Dari penelitian yang dilakukan peneliti maka memperoleh hasil penelitian, yaitu, (1) mengetahui proses menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan perilaku siswa melalui Ekstrakurikuler Ketakwaan di SMAN 4 Kediri, (2) mengetahui faktor-faktor yang mendukung proses menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan perilaku siswa melalui Ekstrakurikuler Ketakwaan di SMAN 4 Kediri, dan (3) mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala untuk menginternalisasikan nilai�nilai Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan perilaku siswa melalui Ekstrakurikuler Ketakwaan di SMAN 4 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatmaria Dewi Amaliah
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:21
Last Modified: 08 Dec 2023 02:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item